Memilih Calon Legislatif Agar Membawa Kebermanfaatan

INDONESIA24

- Redaksi

Selasa, 1 Agustus 2023 - 08:23 WIB

4059 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pekanbaru – Sebagai negara demokrasi, penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) merupakan suatu bentuk perwujudan kedaulatan berada ditangan rakyat. kata demokrasi sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni “Demos” dan “Kratos”. Demos memiliki makna rakyat atau khalayak, sedangkan Kratos memiliki makna pemerintahan.

Menurut para ahli, demokrasi memiliki beberapa pengertian. Abraham Lincoln mengartikan demokrasi sebagai sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Aristoteles mengartikan demokrasi sebagai kebebasan tiap warga negara.

sedangkan Harris Soche mengartikan demokrasi sebagai suatu bentuk pemerintahan rakyat.

Dari berbagai pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa konsepsi demokrasi memiliki makna yang sama sebagai vox populi, vox dei (suara rakyat, suara Tuhan).

Dapat diartikan, dalam negara demokrasi, rakyat memiliki hak untuk memilih dan dipilih sebagai pemimpin, serta memiliki hak untuk menyampaikan pendapat dan kritik terhadap pemerintah.

Suatu negara dapat dikatakan sebagai negara demokrasi jika memiliki ciri sebagai berikut:

1. Kekuasaan pemerintahan berasal dari rakyat
2. Adanya pemilihan umum secara langsung atau melalui wakil
3. Adanya kebebasan berpendapat dan berkumpul
4. Adanya kebebasan pers dan media
5. Adanya sistem pemisahan kekuasaan (eksekutif, legislatif, dan yudikatif)
6. Adanya perlindungan hak asasi manusia
7. Adanya aturan hukum yang jelas dan berlaku untuk semua warga negara.

Dalam negara demokrasi, hal yang paling penting adalah kepastian hukum. penegakan hukum menjadi landasan penting dalam mencapai kedamaian dalam masyarakat serta menjamin hak asasi manusia maupun hak warganegara sebagaimana yang tercantum dalam konstitusi negara pasal 1 ayat 3 UUD 1945 dikatakan “Negara Indonesia adalah negara hukum”

Baca Juga :  Erli Hasim Resmi Daftar Calon Bupati Via Gerindra: lanjutkan pembangunan Kabupaten Simeulue

Dalam BAB I UUD 1945 pasal 1 ayat 2 mengatakan Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar. hal ini menegaskakn bahwa pemilihan Persiden dan wakil presiden, pemilihan anggota legislatif dan kepala daerah dipilih oleh rakyat melalui pemilihan langsung.

Sebagaimana kita ketahui, negara kita akan menyongsong pemilihan umum tahun 2024 mendatang, berbagai tahapan pemilu telah berlangsung, partai-partai yang telah lolos verifikasi KPU telah menyiapkan kader kader terbaiknya untuk dipilih dalam pemilihan legislatif.

Pemilu ini menjadi momentum bagi masyarakat untuk memilih para wakil rakyat yang akan mewakilinya di parlemen. Yang harus di perhatikan sebelum menentukan pilihan, selain melihat visi misi partai, ialah melihat trac record setiap calon anggota legislatif yang ditawarkan oleh masing masing partai.

Bagaimana pemikirannya tentang kesejahteraan rakyat, apa misinya jika telah terpilih menjadi anggota legislatif, dan yang terpenting selama bergaul di masyarakat mampukah dia menjaga amanah, memegang teguh janji yang telah dia ucapkan.

Karena jika sampai salah menentukan pilihan, maka akan menanggung selama lima tahun ke depan, sebaik apa pun peraturan perundangan itu di buat, jika berada ditangan yang salah, maka tidak akan mensejahterakan rakyat, sebaliknya, meskipun suatu peraturan itu kurang baik, tapi berada di tangan yang benar, akan membawa kebermanfaatan.

Ideal diantaranya partai politik maupun para calon legislatif yang diusung mampu mewujudkan Indonesia sebagai negeri Baldatun Tayyibatun Wa Rabbun Ghafur dengan menegakkan nilai-nilai Ilahiah, Persaudaraan Ummat, Kebebasan, Kesamaan, dan Keadilan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga :  Resmi, Ormas PEKAT IB Dukung Prabowo -Gibran Capres-Cawapres 2024 - 2029

Menegakkan hukum yang adil tanpa diskriminasi melalui aparat dan institusi hukum yang bersih, mandiri, dan professional. Serta Memperjuangkan peningkatan kesejahteraan dan jaminan atas hak-hak tenaga kerja, petani, dan nelayan.

Berbicara ketenagakerjaan, hal yang harus di perhatikan ialah terciptanya peluang usaha dan ketersediaan tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidangnya.

Para pemuda Indonesia harus meningkatkan kompetensi agar dapat berdaya saing. diantaranya memiliki pendidikan yang tinggi dan mengikuti berbagai kursus.

Agar mendapatkan kesempatan kerja bagi yang baru lulus pendidikan dapat mendaftarkan dirinya sebagai pencari kerja pada Dinas Tenaga Kerja di daerah tempat tinggalnya. Dan  menerima kartu pencari kerja.

Setelah seseorang mengikuti pelatihan, wajib adanya pengakuan atau yang diakui pemerintah bahwa dia telah memiliki keahlian. caranya dengan uji kompetensi. setelah mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja, mereka akan mendapatkan sertifikat pelatihan. setelah itu baru mengikuti uji kompetensi.

Setelah diuji kompetensi, akan diketahui apakah seseorang itu kompeten atau tidak kompeten. Kalau dia kompeten, maka sertifikatnya akan dikeluarkan, kalau dia tidak kompeten mungkin akan diikutkan jadwal berikutnya.

Bagi pemberi kerja, Sertifikat Kompetensi menjadi syarat yang wajib, meski pun dia telah punya ijazah formal nya. karena perusahaan akan memilih calon tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang yang dibutuhkan perusahaan.

Penulis : H. Suroso, S.Pd
1. Sekretaris DPD Partai UMMAT Pekanbaru
2. Assesor Balai Besar Pelatihan Vokasi Medan (LSP P2)
3. Asssesor Balai Latihan Kerja Pengembangan Condet Jakarta (LSP P3)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Dr. TB Massa Djafar: Partai PAS Tidak Transparan dalam Penjaringan Calon Kepala Daerah
Apresiasi Dari Ketua DPD, Kini Partai Gerindra Pati Raih Enam Kursi
MINUT – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa Utara sebentar lagi akan digelar. Pakar politik Jerry Massie menyebut sosok yang diusung PDIP yakni Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda dan Kevin Lotulong masih menjadi pilihan terbaik dan berpotensi menang di Minut. Menurut Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies ini, Joune Ganda merupakan kader terbaik PDIP Sulut yang sarat prestasi nasional bahkan internasional bahkan dia bersama Kevin sukses menahkodai Kabupaten Minut. Lebih hebat lagi, tahun 2023 lalu ujar Jerry, Joune diundang menghadiri pertemuan internasional pemimpin dunia bahkan beliau menjadi salah satu keynote speech di China. “Saya pikir untuk memuluskan PDIP mempertahankan kemenangan di Minut, maka tak salah Olly Dondokambey memberikan mandat kepada Joune Ganda untuk berjibaku di Pilbup November mendatang,” kata peneliti politik jebolan American Global University (AGU) Amerika ini. Selama memimpin, kata Jerry, Minut mengalami peningkatan signifikan disejumlah sektor mulai dari UMKM, Pendidikan, Perikanan, Pariwisata sampai Agraria. “Lihat saja PDRB (produk domestik regional bruto) di kabupaten ini Rp75 juta pertahun hanya kalah dari Kota Manado,” ungkap Jerry. Jerry juga menyoroti, economic of growth (pertumbuhan ekonomi) tembus angka 5,5 persen secara average di atas provinsi dan nasional. “Minut dipilih tahun ini sebagai host pertemuan kepala daerah/wali kota se-Asia Pasifik. Ini tak lepas peran sang Bupati saat memaparkan konsep, pemikiran terkait kearifan lokal budaya di Minut,” jelas dia. Selain itu, Jerry merinci pencapaian spektakuler Indeks Pembangunan Manusia Minut dari 2021 (74.11), Tahun 2022 (74.69) dan tahun 2023 (75.31). “Bahkan, di bawah kepemimpinan Joune, Minut tahun 2021 meraih TW (Tidak Wajar) hasil peninggalan pemerintahan sebelumnya. Joune Ganda mulai bekerja di tahun 2022, dan dia membawa daerah ini meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) BPK RI,” imbuh dia. Menambah daftar prestasi, Joune Ganda dianugerahkan sebagai “The Indonesian Next Leader” oleh Koran Media Indonesia. Dengan slogan ‘Tulus mengabdi demi kemajuan Minut’. “Tentu saja penghargaaan ini sangat bergengsi bagi para pemimpin khususnya di Indonesia,” pungkas Jerry. Untuk membahas lebih lanjut prestasi yang ditorehkan calon petahana Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Joune-Kevin, maka P3S akan menggelar webinar daring yang di gelar pada Kamis (20//05/2024) pukul 15.00 WITA dengan sejumlah narasumber di antaranya Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePi) dan juga Direktur P3S Jerry Massie. (ES)
Alasan DPW PA Sabang Pilih Hendra – Syeh Joel sebagai Balon Walkot Sabang
Giliran H.Najmuddin Daftar Bacalon Walikota Makassar Melalui DPD PAN dan DPC Demokrat
Koalisi hingga tingkat Kabupaten Kota, Abdul Wahid Jalin Kerjasama dengan PKS Riau
Partai Gerindra Pati Akui PPP Koalisi Terbaik “Cetho Aturan Main”
Tiga Partai Berkoalisi, H. Hardi : Pilkada Pati “NU -nya Cetho dan Nasionalis Religius”

Berita Terkait

Minggu, 6 Oktober 2024 - 01:16 WIB

Tersahkan, Ajo Irawan Mengukir Tim Pemenangan “Bintang-Faisal” Sultan Daulat

Minggu, 6 Oktober 2024 - 01:02 WIB

Polres Subulussalam Gelar Dzikir dan Doa Bersama Menuju Pilkada Damai

Minggu, 6 Oktober 2024 - 00:51 WIB

Kapolres Subulussalam Hadiri Upacara HUT TNI yang Ke-79, Perkuat Sinergitas TNI-POLRI

Kamis, 26 September 2024 - 03:57 WIB

Toto Ujung Vs Ramadin, ST Terkait Stadmand “ASBUN” Pada DPR RI Terpilih Muslim Aiyub

Jumat, 20 September 2024 - 06:33 WIB

Selamat jalan Sahabat Kami: Rekan Jurnalis Jalalludin Barat Telah Berpulang Kerahmatullah

Rabu, 4 September 2024 - 11:58 WIB

Pemko Subulussalam Bersama SKPK Tinjau Lokasi Progran Bakti Sosial TNI-AD 2024 

Minggu, 18 Agustus 2024 - 07:06 WIB

Jajaran Polres Subulussalam, Hadiri Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-79

Senin, 5 Agustus 2024 - 16:13 WIB

Klarifikasi Pemberitaan Tentang Pemukulan Yang Melibatkan Anggota TNI di Subulussalam

Berita Terbaru