Kepala Desa Pulo Belen, Tgk. Hamidi, Beserta Ratusan Warga Meggelar Tradisi Ziarah kubur di bulan Zulhijjah.

INDONESIA24

- Redaksi

Selasa, 4 Juli 2023 - 00:21 WIB

40696 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SEBULUSSALAM, INDOENSIA24.Co – Ratusan Warga Desa Pulo Belen Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang berada di Desa tersebut untuk menggelar kegiatan bersih-bersih sekaligus berziarah, 03/07/2023.

Tradisi ini merupakan kegiatan turun temurun warga Desa Pulo Belen setiap kali berakhir hari Tasyrik di bulan Zulhijjah.

Pantauan di lapangan, tampak para peziarah berdatangan untuk berkunjung ke pemakaman tersebut demi sekedar memanjatkan doa serta pula membersihkan makam sanak family mereka.

Kepala Desa Pulo Belen, Tgk. Hamidi Lb menyampaikan, tradisi ziarah Kubur di Desa Pulo Belen ini sudah lama dilakukan sejak puluhan tahun lalu, dimana kegiatan ini dilaksanakan menjelang bulan suci Ramadhan dan setelah Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha setiap tahun nya.
“Acara ini sudah menjadi tradisi kami setiap tahun katanya.

Tgk. Agustari Husni salah seorang Tokoh Agama yg hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan sanak keluarga yang telah meninggal dunia serta menjalin silaturahmi antara sesama masyarakat Desa, baik yg masih berada di Desa maupun yg sudah berhijrah ke Desa yg lain.

Baca Juga :  Kesan Dimenit Akhir MOBIL BL 1 Bersama H. Affan Alfian Walikota Subulussalam, Serahkan Aset Daerah

Tgk. Saifuddin Pimpinan Dayah Istiqamatuddin Miftahul Jannah juga turut hadir dan menyampaikan, kegiatan ziarah kubur ini diawali dengan membersihkan makam menggunakan peralatan sederhana seperti cangkul dan sapu lidi.

“Usai membersihkan makam, warga Desa berkumpul untuk kemudian dilakukan pembacaan Shamadiyah, tahlil beserta Doa bersama, yg langsung di Pimpin oleh yang mulia Abah Tgk. M. Fathani Abdullah Pimpinan Dayah Subulurrahmah” katanya.

Sementara itu, Kepala Kampong menuturkan, antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan ziarah kubur ini terbilang sangat tinggi.

“Dalam kegiatan itu kita juga bisa saling bersilaturahmi dan bahkan saling berbagi cerita dengan warga lainnya. Karena, semua kalangan ikut membaur bergotong-royong baik kalangan ibu-ibu, anak, pemuda tokoh adat, tokoh agama, maupun pemerintah desa,” tandasnya.
Kampong kita ini berkat Perjuangan pendahulu kita, antara lain Terima Kasih banyak kita ucapkan kepada. Ogek Haji M. Luthan Mantan Kades, Ogek Alm. Nanjak Bancin Mantan Sekdes, Tambo Alm. Mahmud Kodak Bancin Tokoh Masyarakat Tampa Pamrih, Tuan Guru kita Alm. Ust. Syarifuddin (Ust.Medan) mereka telah berjuang dan memberikan yg terbaik bagi kemaslahatan Kampong yg kita Cintai ini. HUBBUL WATHAN MINAL IMAN

Baca Juga :  Vendor Wedding Kota Subulussalam dan Panggung Kreasi Sada Kata: Adakan Penggalangan Dana Unutuk Saudara Kita di Palestina

Muda2han persatuan dan tradisi mulia ini bisa selalu diwariskan kepada Generasi selanjutnya siapapun Pemimpin kedepannya dan jikapun Pemerintah Kota Subulussalam dalam waktu yg tidak terlalu lama lagi mengangkat Penjabat Kepala Kampong Sementara berhubung Kepemerintahan kami akan berakhir Oktober mendatang kiranya Bapak Walikota mengangkat PJ Putra Pulo Belen sendiri. Agar pembangunan dan pemerintahan akan berkelanjutan demikian harapannya.

[ Jalaludin Barat ]

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Quick Respon Personel Brimob Aceh Membantu masyarakat Memadamkan Api Yang Membakar Pertokoan Di Subulussalam
Tersahkan, Ajo Irawan Mengukir Tim Pemenangan “Bintang-Faisal” Sultan Daulat
Polres Subulussalam Gelar Dzikir dan Doa Bersama Menuju Pilkada Damai
Kapolres Subulussalam Hadiri Upacara HUT TNI yang Ke-79, Perkuat Sinergitas TNI-POLRI
Toto Ujung Vs Ramadin, ST Terkait Stadmand “ASBUN” Pada DPR RI Terpilih Muslim Aiyub
Selamat jalan Sahabat Kami: Rekan Jurnalis Jalalludin Barat Telah Berpulang Kerahmatullah
Pemko Subulussalam Bersama SKPK Tinjau Lokasi Progran Bakti Sosial TNI-AD 2024 
Jajaran Polres Subulussalam, Hadiri Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-79

Berita Terkait

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 22:22 WIB

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan Dharma Elfrishon Situmorang Sebagai Anggota DPRD Partai GELORA Kab. Karo Periode 2024-2029

Jumat, 4 Oktober 2024 - 20:46 WIB

ni 40 Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029 yang di Lantik

Jumat, 4 Oktober 2024 - 15:17 WIB

TOSS!!Tino Mimana dan Onasis Sitepu Kunjungi Pusat Pasar Dan Pajak Buah Berastagi

Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:25 WIB

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan FERI EDISONTA MILALA Menjadi Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029

Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:19 WIB

Rehulina Br Tarigan Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029 Dari Fraksi Nasdem Ucapkan Terima Kasih Kepada Masyarakat Karo Daerah Pemilihan I

Jumat, 4 Oktober 2024 - 01:53 WIB

Ketua Aman Bang : Anak Muda Pilih Yang Muda..!!!

Rabu, 2 Oktober 2024 - 23:18 WIB

Latif Purba : Jika benar mereka Pemerintah Desa Beganding Murni tidak melakukan Dugaan Korupsi dipenggunaan Dana Desa..!!!Kenapa tidak menghadiri undangan dari Penyidik .

Rabu, 2 Oktober 2024 - 08:19 WIB

Aliansi Milenial Anak BAngsa (AMAN BANG) Dukung TOSS..!! Menjadi Bupati dan Wakil Bupati Karo

Berita Terbaru