Aminullah Usman Menjadi Dirut BPD Aceh (BAS) Karena Sukses Saat Pimpin Cabang Lhokseumawe

INDONESIA24

- Redaksi

Senin, 15 Januari 2024 - 14:13 WIB

40121 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Banda Aceh – Pada tahun 1993 hingga 1997, Aminullah Usman menorehkan jejak kepemimpinan yang gemilang sebagai Pemimpin Bank Penduduk Daerah (BPD) Aceh, Cabang Lhokseumawe. Saat itu, jabatan Direktur Utama (Dirut) BPD Aceh dipegang oleh Syamsunan Mahmud (alm).

Cabang Lhokseumawe menjadi cabang terbesar dari seluruh cabang BPD (kini menjadi Bank Aceh Syariah/BAS) Istimewa Aceh, memberikan kontribusi signifikan terhadap aset dan laba bank pada periode tersebut.

Pada masa kepemimpinan Aminullah, terwujudnya megahnya kantor cabang yang berdiri di pusat kota Lhokseumawe saat ini. Gedung BPD Lhokseumawe dibangun pada tahun 1996 dengan anggaran sebesar Rp3 miliar, menciptakan keindahan dan kemegahan kota Lhokseumawe.

Aminullah tidak hanya menjadi pemimpin yang efektif namun juga arsitek dari keberhasilan ini. Gedung BPD Lhokseumawe yang megah menjadi bukti konkret dari kontribusi dan dedikasinya saat memimpin cabang ini.

Dari kepemimpinan di Cabang Lhokseumawe, Aminullah Usman kemudian diangkat sebagai Direktur Utama BPD Aceh pada tahun 2000 hingga 2010. Cabang BPD Aceh di Lhokseumawe menjadi salah satu cabang besar di kota Petro Dolar, dan kepercayaan direksi terhadap Aminullah tak lepas dari prestasi gemilangnya dalam menghadapi persaingan ketat di dunia perbankan.

Kisah sukses Aminullah Usman menciptakan prestasi yang tidak hanya mengukir sejarah dalam perjalanan BPD Aceh, tetapi juga meninggalkan warisan megah yang menjadi salah satu penanda kemegahan kota Lhokseumawe.

Pengabdian Aminullah Usman selama 27 tahun di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Aceh membuahkan kegemilangan yang mungkin nyaris mustahil disamai oleh siapa pun. Ia bekerja sebagai pegawai di BPD Aceh mulai sejak 1 April 1984.

Saat menjadi Dirut, ada tiga tantangan besar yang dihadapi Aminullah. Pertama, krisis moneter 1999, konflik bersenjata antara RI dan GAM, gempa bumi dan tsunami 2004.

Baca Juga :  Kadinsos Aceh Terharu Saat Dengar Bacaan Al-Quran Braille Anak Disabilitas, Apresiasi Pembinaan UPTD

Sebuah tantangan besar bagi seorang Aminullah Usman saat pertama duduk dikursi nomor satu BPD, apalagi di Aceh mulai hadir gerakan sparatisme yang membuncah pasca DOM berakhir pada 1998. Tantangannya pun berlanjut saat empat tahun ia menjabat dengan musibah besar gempa dan tsunami 2004.

Masalah Bank Aceh saat itu cukup rumit, sehingga BUMD itu pun sempat ditangani oleh BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional). Namun, semua masalah mampu ia hadapi dan membawa Bank Aceh bangkit dalam kurun waktu 10 tahun.

Alumni Magister Management Unsyiah ini berhasil membesarkan Bank Aceh, dari jumlah aset awal 660 M menjadi 13 T. Dan Bank ini juga menjadi sehat hasil penilaian BI, meraih WTP penilaian akuntan publik.

Jumlah pegawai meningkat, dari sebelumnya 400, kini menjadi 1.600 orang pegawai. Kantor cabang dari awalnya 35, pada masa Aminullah pun berdiri menjadi 101 kantor (kantor cabang, cabang pembantu, kantor kas dan kantor pusat).

Tahun 2006, oleh Depdagri masa itu karena dinilai mampu keluar dari masa krisis, Aminullah pun dinobatkan sebagai CEO On Crisis Management pada tahun 2006. Aminullah merupakan satu-satunya pimpinan Bank di Indonesia yang meraih penghargaan bergengsi tersebut.

Atas dedikasinya yang luar biasa itu, sosok pimpinan yang peduli dan merakyat ini tak pernah hilang dalam ingatan masyarakat Aceh pada umumnya. Dari hal itu sang Aminullah pun berani melaju dan terpilih sebagai Wali Kota Banda Aceh periode 2017 – 2022 bersama pasangannya, Zainal Arifin.

Atas berbagai pengalaman dan sepak terjangnya dalam memimpin, Aminullah merupakan satu-satunya Kepala Daerah di Provinsi Aceh periode 2017-2022 yang berhasil meraih 120 penghargaan dari Daerah, Nasional dan Internasional atas dedikasi kinerja baik selama memimpin Kota Banda Aceh.

Baca Juga :  Kapolresta Banda Aceh Hadiri Roundtable on Combatting Maritime People Smuggling Activities in the Andaman Sea di Bangkok

Saat menjabat sebagai orang nomor satu di Banda Aceh, Aminullah juga disebut-sebut sebagai ‘Bapak Duafa dan Yatim Banda Aceh’. Bukan tanpa sebab, hal tersebut karena konsen dan tekadnya dalam berbagai program yang memperioritaskan kesejahteraan kaum duafa dan anak-anak yatim.

Teranyar, Aminullah berhasil membangun dan merehab 800 rumah layak bagi duafa dan yatim. Tak tanggung-tanggung, ia meluncurkan program bedah rumah duafa yang hanya dalam kurun waktu 10-15 hari rumah selesai di bedah dan diisi dengan perabotan serta perlengkapan/peralatan rumah tangga.

Selain itu, Aminullah juga sukses mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari 8900 pada tahun 2016 menjadi 17.300 UMKM di akhir masa jabatan Aminullah sebagai Wali Kota Banda Aceh pada Juli 2022.

Dan sebagaimana diketahui publik, Aminullah memang dikenal sebagai sosok yang aktif di berbagai kegiatan, walaupun sudah tidak menjabat sebagai Wali Kota Banda Aceh, namun ia selalu aktif menerima audiensi dan pertemuan-pertemuan dengan berbagai stakeholder untuk mempererat tali silaturahmi.

Dari berbagai prestasi dan keberhasilan Aminullah Usman dalam memimpin, timbullah harapan dari masyarakat terutama kaum duafa, yatim dan disabilitas serta para tokoh masyarakat dari berbagai kalangan di seluruh penjuru Aceh, agar Ia dapat menjadi Anggota DPR RI dari Aceh pada Pemilu 2024.

Saat ini Aminullah maju sebagai calon DPR RI dari dapil II Aceh. Bernomor urut 4 dari Partai PAN, dirinya menyatakan bertekad untuk bagi masyarakat Aceh.

“Dengan tekad insyaallah menang, bisa berbuat yang bermanfaat bagi rakyat. Untuk itu mohon doa restu dan dukungannya,” kata Aminullah, Sabtu 13 Januari 2023, di kediamannya di Lampaseh Aceh.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Sejumlah Hotel Tak Dukung PB PON XXI Aceh – Sumut, Pemerintah Aceh Diminta Tegas
Untuk Gubernur Aceh ke Depan, Anak Muda Dukung Mualem-Dek Fad
Partai GABTHAT Beri Dukungan Resmi dan Siap Menangkan Aminullah Usman
Dari Sekian Banyak Bakal Calon Gubernur Aceh yang Mendaftar Ke PAS, Yang direkomendasikan Hanya Bustami
Sekjen PW (FRN) Propinsi Aceh Ucapkan Selamat Kepada Wakapolda Yang Baru
Karang Taruna Aceh Dilantik, Begini Harapan Ketua Karang Taruna Aceh Utara
Ketua Dan Sekjen (PW-FRN) Aceh Ucapkan Selamat Kepada Dr. Safrizal ZA MSi Sebagai PJ Gubernur Aceh
Aminullah Usman : Keputusan Presiden Jokowi Tunjuk Safrizal sebagai Pj Gubernur Aceh Sangat Tepat

Berita Terkait

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 22:22 WIB

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan Dharma Elfrishon Situmorang Sebagai Anggota DPRD Partai GELORA Kab. Karo Periode 2024-2029

Jumat, 4 Oktober 2024 - 20:46 WIB

ni 40 Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029 yang di Lantik

Jumat, 4 Oktober 2024 - 15:17 WIB

TOSS!!Tino Mimana dan Onasis Sitepu Kunjungi Pusat Pasar Dan Pajak Buah Berastagi

Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:25 WIB

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan FERI EDISONTA MILALA Menjadi Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029

Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:19 WIB

Rehulina Br Tarigan Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029 Dari Fraksi Nasdem Ucapkan Terima Kasih Kepada Masyarakat Karo Daerah Pemilihan I

Jumat, 4 Oktober 2024 - 01:53 WIB

Ketua Aman Bang : Anak Muda Pilih Yang Muda..!!!

Rabu, 2 Oktober 2024 - 23:18 WIB

Latif Purba : Jika benar mereka Pemerintah Desa Beganding Murni tidak melakukan Dugaan Korupsi dipenggunaan Dana Desa..!!!Kenapa tidak menghadiri undangan dari Penyidik .

Rabu, 2 Oktober 2024 - 08:19 WIB

Aliansi Milenial Anak BAngsa (AMAN BANG) Dukung TOSS..!! Menjadi Bupati dan Wakil Bupati Karo

Berita Terbaru