Konflik Masyarakat Sei Kuning Dengan PKS PT SKA Berlanjut, Kini Hampir Bentrok

INDONESIA24

- Redaksi

Minggu, 6 Oktober 2024 - 07:00 WIB

4019 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ROKAN HULU- Sudah Berbulan-bulan perselisihan antara Masyarakat kontra Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit PT Sumatra Karya Agro (PKS PT SKA) yang berdiri di Desa Sei Kuning Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), belum juga selesai.

Kali ini, Masyarakat Desa Sei kuning mencoba menggali Pipa Waterintek yang berada di Jalan Desa milik Warga tepatnya di Jalan Pemakaman Dusun Tiga Sei Kuning Jumat (4/10/2024).

Di tengah-tengah kerumunan Warga, pihak Perusahaan PT SKA mendatangi Masyarakat yang menggali Pipa Waterintek tersebut dengan tujuan mengeluarkannya dari Timbunan itu.

“Tujuan kalian kemari ngapain,” tanya pihak perusahaan. “Menggali Pipa untuk dikeluarkan dari sini,” jawab Masyarakat.

Pihak perusahaan spontan bernada Tinggi “Silahkan kalian gali Saya tunggu satu Jam kalau kalian tidak menggali, Saya anggap kalian pengecut semua,” sebut pihak perusahaan yang biasa diketahui Masyarakat panggilan Robi.

Sembari melontarkan “Bodoh kalian semua, mau kalian diadu domba, Kepala Desa kalian yang memberikan izin ini,” sebutnya sembari menunjukkan Surat yang di Tanda Tangani Kades dan Camat,

Tidak lama kemudian pihak Polres Rohul dan Kapolsek beserta jajarannya hadir, langsung Kasat Reskrim AKBP Rejoice Benedicto Manalu STrk SIK mencoba bernegosiasi memberikan pemahaman kepada pihak Masyarakat, hingga Warga menerima menyepakati dan akan berkordinasi dengan pemerintah desa.

Baca Juga :  Meriah Pengantar Tugas !!! IPDA Moch Rudi, S.Pd.I MM Berpamitan

Atas hal ini, Tokoh Masyarakat yang akrap disapa Suri menyampaikan kalau keinginan Masyarakat tidak mau memberikan Jalan itu dipakai Perusahaan PKS PT SKA

“Untuk dijadikan jalan Waterintek, maka kami Bersatu untuk mempertahankan hak Kami,” sebutnya.

Selain itu, Sartono menambahkan Jalan itu miliknya Surat lengkap dikeluarkan Pemerintah Kampar masih Surat Segel.

“Kemudian, dibebaskan Bapak Saya untuk umum bukan dihibahkan ke Desa dan bisa dipergunakan untuk Umum demi kemajuan di Wilayah KM 8 Desa Sei Kuning,” jelasnya

Ditempat yang berbeda sejumlah Masyarakat mendatangi Kepala Desa Sei Kuning Abdul Halik di kediamannya, Warga menanyakan kebenaran jalan yang dimanfaatkan PKS PT SKA untuk menanam Pipa Waterintek dan kejelasan Surat yang di tandatanganinya bersama Camat Rambah Samo.

“Surat itu benar Saya Tanda Tangani bersama Camat Rambah Samo dan itu mengijinkan PKS PT SKA itu berdiri di Desa Sei Kuning dengan tujuan membantu perekonomian Masyarakat,” kata kades.

“Dengan niat saya mengurangi pengangguran di Desa Sei Kuning ini, sehingga Angka kejahatan semakin berkurang itulah niat saya, dan itupun adalah program pemerintah,” sebutnya

Baca Juga :  Tim Sepak Bola Saebus United Menangkan Pertandingan Vs PSB City Di Perempatan Final "PB Pagerungan Besar Cup 2023" Kec. Sapeken Kab. Sumenep

“Namun sangat Saya sayangkan sejak PKS PT SKA itu beroperasi semua harapan dan perjanjian itu bertolak-belakang, perusahaan juga tidak pernah lagi berkordinasi ke Pemdes apapun bentuknya yang ada terus dan terus mengadu domba Masyarakat,” ungkapnya.

Terkait jalan dan penanaman Pipa Waterintek itu, memang pernah pihak perusahaan meminta melalui tertulis. “Namun Sampai Hari ini tidak ada saya kasih,” tuturnya.

“Malah Kami sedang perjalanan dari Sumbar mau pulang ke Rohul salah Satu Manejer lama menelpon Saya yang bernama Sunardi,” ujarnya

“Namun tidak ada komunikasi karena dalam perjalanan rombongan itu agak susah signal, perlu saya tegaskan sekali lagi jalan itu tidak ada Saya mengeluarkan ijinnya itu, memang ada pengajuan beberapa Orang Tanda Tangan Masyarakat,” jelasnya.

“Tapi belum saya ijinkan,” sebut Abdul Halik sembari mencari Surat Pengajuan itu

“Tidak ada Saya ijinkan terkait jalan itu dan sebelah Kiri dan Kanan memang sudah diganti rugi Mereka untuk jalan dan malah ada lagi lahan Masyarakat yang dilalui Pipa Waterintek Mereka sesuai pengaduan Masyarakat,” sebutnya.

(Irwansyah Hasibuan)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

8 Program unggulan Zahir & Aslam,wujudkan Batu Bara maju
Ketua Tim Kampanye Zahir & Aslam Pimpin Rapat Bahas Divisi Kampanye Per kecamatan
Bustan Pinrang Resmi Dukung Pasangan Cudy – Agusto untuk Cagub Bacagub Sulawesi Tengah
Penetapan Paslon Zahir-Aslam Sudah Penuhi Ketentuan yang Berlaku
Tomas Mangkai Lama Suroto Mendoakan Zahir – Aslam, Lanjutkan Pimpin Batu Bara
Pilkada Batu Bara: Ngopi Bareng, Warga Minta Zahir Lanjutkan Program Berobat Gratis
Tim Zas Center Siap Menangkan Zahir-Aslam di Tanjung Tiram
Jelang Pilkada, Zahir Utus Aslam Temui Warga Batu Bara di Malaysia Serap Aspirasi

Berita Terkait

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 22:22 WIB

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan Dharma Elfrishon Situmorang Sebagai Anggota DPRD Partai GELORA Kab. Karo Periode 2024-2029

Jumat, 4 Oktober 2024 - 20:46 WIB

ni 40 Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029 yang di Lantik

Jumat, 4 Oktober 2024 - 15:17 WIB

TOSS!!Tino Mimana dan Onasis Sitepu Kunjungi Pusat Pasar Dan Pajak Buah Berastagi

Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:25 WIB

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan FERI EDISONTA MILALA Menjadi Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029

Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:19 WIB

Rehulina Br Tarigan Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029 Dari Fraksi Nasdem Ucapkan Terima Kasih Kepada Masyarakat Karo Daerah Pemilihan I

Jumat, 4 Oktober 2024 - 01:53 WIB

Ketua Aman Bang : Anak Muda Pilih Yang Muda..!!!

Rabu, 2 Oktober 2024 - 23:18 WIB

Latif Purba : Jika benar mereka Pemerintah Desa Beganding Murni tidak melakukan Dugaan Korupsi dipenggunaan Dana Desa..!!!Kenapa tidak menghadiri undangan dari Penyidik .

Rabu, 2 Oktober 2024 - 08:19 WIB

Aliansi Milenial Anak BAngsa (AMAN BANG) Dukung TOSS..!! Menjadi Bupati dan Wakil Bupati Karo

Berita Terbaru