Pelatihan Pemandu Wisata Tracking/Gunung Cikaok 1- 4 Oktober 2024 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

Raja Kencana Solin

- Redaksi

Rabu, 2 Oktober 2024 - 10:18 WIB

4030 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

INDONESIA24.COM,Pakpak Bharat – Pjs. Bupati Pakpak Bharat, Dr. Naslindo Sirait, SE, MM membuka Pelatihan Pemandu Wisata Tracking/Gunung bagi para Pemandu Wisata se Kabupaten Pakpak Bharat di Balai Diklat BKPSDM Pakpak Bharat, desa Cikaok (01/10/2024).

Dalam acara ini Naslindo Sirait banyak berbicara tentang pengembangan kepariwisataan, yang menurutnya harus terintegrasi antara Pemerintah, pelaku usaha, danpara pemangku kepentingan lainnya.

Pelatihan semacam ini agar dilaksanakan dan didesain untuk selalu memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi bapak dan ibu para pemandu wisata, untuk bisa mengembangkan pariwisata di Pakpak Bharat ini.

Kalau kita lihat secara umum perekonomian di Pakpak Bharat ini tidak terlepas dari pertanian dan perkebunan, dan tentu diharapkan dengan alam yang sejuk dan inidah, banyak bukit-bukitnya, begitu juga ada lembah-lembah, menantang bagi banyak pihak sehingga bisa dikembangkan untuk pariwisata, ucap Naslindo Sirait dalam awal sambutannya.

Kalau kita bicara industri secara umum mungkin kecil kemungkinan untuk kita kembangkan industri. Tapi kalau kita kembangkan pertanian, perkebunan dan pariwisata memungkinkan untuk bisa meningkatkan perekonomian di Pakpak Bharat, jelas dia kemudian.

Baca Juga :  Wakil Bupati Hadiri Rapat Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten Pakpak Bharat

 

Naslindo Sirait mengatakan lebih jauh, bahwa membangun sektor pariwisata yang maju dan terintegrasi tidak boleh dikerjakan sendiri. Harus dengan kolaborasi yang jelas dari semua pihak.

 

Walaupun kita tahu untuk mengembangkan itu semua kita tidak bisa secara sendiri. Misalnya kalau kita bicara pariwisata harus tersedia akses infrastruktur sehingga nanti orang bisa datang ke Daearah kita ini. Sekaitan dengan itu, Pemerintah terus berusaha membangun infrastruktur jalan, tapi juga para pelaku wisata, Dinas Pariwisata harus sudah mulai pula mempersiapkan berbagi objek wisata, salah satunya itu adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

 

Karena kalau bicara tentang pengelolaan dan pengembangan pariwisata, SDM nya tidak kita siapkan, pengembangannya nanti tidak seperti yang kita harapkan. Kalau kita pengelolaan pariwisata, maka yang perlu adalah bagaimana pariwisata itu kita bicarakan secara menyeluruh, urai dia.

Baca Juga :  TANAMAN JAGUNG MILIK PETANI FOOD ESTATE PAKPAK BHARAT TUMBUH SUBUR

 

Misalnya kita bangun destinasi objek wisata, jalan tidak terbangun itu juga tidak akan bisa orang datang. Kita bangun destinasi akomodasinya tidak tersedia, di mana orang tidur. Kita bangun pariwisata tapi kita tidak siapkan informasi dan promosi-promosi, siapa yang mengetahui kalau Daerah kita ada satu objek pariwisata yang bagus dan layak untuk dikunjungi.

 

Termasuk juga inovasi-inovasi penting yang berhubungan dengan itu, SDM yang terampil sehingga pada saat orang datang, maka orang itu bisa menikmati keindahan alam, bisa menikmati pariwisata yang ada di sini kepada orang lain, sehingga orang lain juga tertarik untuk datang.

 

Jadi pariwisata itu sesungguhnya tidak bisa hanya sekali, ada banyak Daerah mempromosikan pariwisatanya luar biasa tapi begitu orang datang mereka kecewa, jelas dia kemudian.

Maka kalau kita mau mengembangkan pariwisata Pakpak Bharat ini, walaupun itu tidak mudah, tapi harus terencana, terintegrasi. Semua harus berperan di dalamnya, pungkas dia.//RS

Facebook Comments Box

Berita Terkait

PERTINA Pakpak Bharat Audensi ke Ruang Kerja PJs.Bupati Pakpak Bharat
Pjs Bupati Pakpak Bharat Menyerahkan Bantuan Peralatan UMKM dari Dinas Koperasi UKM Sumut
Puncak Sindeka Tangga Seribu,Naslindo Sirait Bersama ASN Siswa SMP SMA/SMK Lakukan Treking
PJs Bupati Pakpak Bharat Bersama Stafsus Kemenkomarves RI Tinjau Progres Food Estate Pakpak Bharat
Kapolres Pakpak Bharat Terima Kunjungan,Dr Naslindo Sirait.SE, MM
Kunjungan ke Kantor OPD,Naslindo Sirait : Motivator Terbaik Adalah Diri Sendiri
Naslindo Sirait, Pimpin Rakor Kepala Desa Bersama Camat,K.UPT Puskesmas seKabupaten Pakpak Bharat,Beserta OPD
Rakor Bidang Perekonomian & Inventasi Bisnis Perumda PAL Pakpak Bharat
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 22:22 WIB

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan Dharma Elfrishon Situmorang Sebagai Anggota DPRD Partai GELORA Kab. Karo Periode 2024-2029

Jumat, 4 Oktober 2024 - 20:46 WIB

ni 40 Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029 yang di Lantik

Jumat, 4 Oktober 2024 - 15:17 WIB

TOSS!!Tino Mimana dan Onasis Sitepu Kunjungi Pusat Pasar Dan Pajak Buah Berastagi

Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:25 WIB

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan FERI EDISONTA MILALA Menjadi Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029

Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:19 WIB

Rehulina Br Tarigan Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029 Dari Fraksi Nasdem Ucapkan Terima Kasih Kepada Masyarakat Karo Daerah Pemilihan I

Jumat, 4 Oktober 2024 - 01:53 WIB

Ketua Aman Bang : Anak Muda Pilih Yang Muda..!!!

Rabu, 2 Oktober 2024 - 23:18 WIB

Latif Purba : Jika benar mereka Pemerintah Desa Beganding Murni tidak melakukan Dugaan Korupsi dipenggunaan Dana Desa..!!!Kenapa tidak menghadiri undangan dari Penyidik .

Rabu, 2 Oktober 2024 - 08:19 WIB

Aliansi Milenial Anak BAngsa (AMAN BANG) Dukung TOSS..!! Menjadi Bupati dan Wakil Bupati Karo

Berita Terbaru