Jelang Pilkada, Zahir Utus Aslam Temui Warga Batu Bara di Malaysia Serap Aspirasi

Rahmat Hidayat

- Redaksi

Senin, 30 September 2024 - 23:49 WIB

4067 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Selangor – Dalam suasana menjelang Pilkada, calon Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP mengutus calon wakilnya Aslam Rayuda, SE, MM mengunjungi warga asal kabupaten ini yang berada di Malaysia untuk bersilaturrahim.

Kunjungan Minggu (29/9/2024) pagi hingga siang hari itu berlangsubg di Kampung Medan, kawasan Selangor, Minggu (29/92024). Kehadiran Aslam yang didampingi rekannya putra Batu Bara Azrin Marydha dan Syahril Tambuse, disambut antusias puluhan warga Batu Bara yang selama ini bermukim di kawasan tersebut, di antaranya Haji Edi, Arsyad Idris, Rivani, Azhar, Effendy, Akhyar, Edo, Saren, Sapol, Nyakmul, Afni, Giran dan banyak lagi lainnya.

Para warga tersebut berasal dari beberapa daerah di Batu Bara seperti Kecamatan Datuk Lima Puluh termasuk dari Desa Simpang Dolok, Pulau Sejuk dan sekitarnya, Tanjung Tiram, Talawi dan lainnya. Mereka baik kaum pria maupun wanita terkesan dengan suka cita menyambut Aslam. Kebanyakan dari mereka sudah mengenal nama Aslam sebagai calon Wakil Bupati Batu Bara mendampingi calon Bupati Zahir yang maju sebagai calon bupati-wakil bupati Batu Para pada Pilkada 2024 yang hari pencoblosannya akan jatuh pada tanggal 27 Nopember mendatang, namun baru kali ini mereka bertemu langsung dengan sosok orangnya.

Banyak dari mereka langsung berfoto-foto dengan Aslam sembari secara spontan juga mengacungkan jari bersimbol tiga sebagai tanda Nomor 3, yaitu nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati Batu Bara Zahir-Aslam. Suasana yang terbangun saat itu bernuansa familiar, mereka pun berbincang akrab seolah sudah salibg kenal sejak lama. Sesekali diwarnai dengan gelak, tanda dalam perbincangan itu sama-sama menemukan kecocokan dan persamaan rasa dan harapan.

Di awal pertemuan, setelah menyalami para warga satu per satu, Aslam yang duduk membaur dengan warga memperkenalkan diri tentang keberadaannya. Menurutnya, selain menghadiri suatu acara di Kuala Lumpur ia juga diutus berkunjung untuk bersilaturrahim dengan warga asal Kabupaten Batu Bara di Kampung Medan tersebut. Seyogianya Zahir ingin hadir langsung mengunjungi warga di sana, namun kesibukan yang padat tak memungkinkannya. Karena itulah ia secara pribadi mengutus Aslam yang dapat dianggap sama dengan kehadiran dirinya.

Baca Juga :  Terkait Dugaan Penghinaan Terhadap Wartawan,Ismail Sarlata Ajak Seluruh Pers Lakukan Aksi Demo dan Ajak Bersama Bongkar Kasus Dugaan Korupsi Syamsuar

Kepada warga di sana, Aslam menyampaikan salam dari Zahir, dengan menuturkan mungkin selama 5 tahun kemarin menjadi Bupati Batu Bara ada hal-hal yang belum memuaskan atas kinerja pembangunannya, termasuk bagi warga Batu Bara di perantauan khususnya di Malaysia. Aslam menyampaikan, Zahir dalam periode lima tahun jabatannya tersebut telah berupaya semaksimalnya melaksanakan program-program sesuai visi-misi serta janji-janji politik yang pernah disampaikan sebelumnya. Namun, salah satu kendala besar berupa wabah COVID-19 yang melanda dunia termasuk menerpa Kabupaten Batu Bara sehingga banyak program menjadi terkendala bahkan tak dapat terlaksanakan.

“Namun demikian, kata Pak Zahir, kita pun masih tetap bersyukur karena di tengah terpaan wabah COVID-19 yang hebat itu, ia sebagai bupati tetap dapat membangun Kabupaten Batu Bara terutama pada sektor-sektor yang prioritas. Tentu belum dapat memuaskan semua, untuk itu Pak Zahir memohon maaf dan berharap nantinya tetap diberi kesempatan untuk dapat melanjutkan memenuhi dan menuntaskan program pembangunan yang masih terhenti,” ungkap Aslam.

Di pertemuan itu, Aslam tampak tekun mendengar dan menyerap aspirasi, serta pemikiran-pemikiran yang disampaikan warga di sana tentang berbagai aspek untuk upaya memajukan Kabupaten Batu Bara. Juga tentang keluh-kesah yang mereka rasakan dan hadapi di perantauan selama ini. Terlihat ada beberapa hal yang dicatat oleh Aslam sebagai suatu ide pemikiran yang diharapkan dapat dilaksanakan ke depan nantinya, apabila insya Allah pasangan calon (Paslon) Zahir-Aslam sukses memenangkan Pilkada Batu Bara 27 Nopember mendatang, terutama aspek apa yang perlu diprogramkan bagi kenyamanan dan keamanan warga Batu Bara yang telah dan akan merantau untuk bekerja di Malaysia.

Baca Juga :  Serukan Pemilu Damai 2024, Heryanto Ketua BPPKB Banten Kecamatan Cibodas: Stabil dan Kondusif itu Harus

Salah satu yang diungkap Aslam dan diaminkan oleh warga setempat yang dimotori oleh Haji Edi tersebut, adalah keinginan untuk ke depan mengupayakan adanya kerja edukasi bagi warga Batu Bara baik sebelum berangkat merantau ke negeri jiran ini, maupun yang telah berada dan bekerja di sana. Untuk yang akan berangkat, agar mendapat bekal skill sesuai bidang yang akan digeluti serta penempuhan prosedur sesuai peraturan-perundangan. Sedangkan untuk yang telah bekerja di Malaysia, adalah upaya peningkatan kemampuan diri sehingga diharapkan bisa lebih meningkatkan kualitas kerja dan kesejahteraan kehidupannya.

Selain itu, termasuk pula Aslam mencatat perlunya didiskusikan program tertentu yang dapat mengakomodir lapangan kerja bagi warga Batu Bara dari perantauan, termasuk Malaysia, sekiranya mereka ingin kembali tinggal menetap di kampung halaman. “Pendapat dari kami, pikirkanlah bagaimana memperbanyak bidang (lapangan) pekerjaan yang buleh dimanfaatkan orang-orang kita di sini, apabila mereka hendak balek duduk kat (kembali tinggal di) kampongnya,” ungkap H Edi yang direspon positif oleh Aslam.

Pertemuan silaturrahim tersebut berakhir dengan suasana kekeluargaan yang hangat, seolah saling berat untuk berpisah sehingga beberapa kali setelah Aslam pamit namun kemudian perbindangan kembali berlanjut. “Saya berharap kita akan dapat kembali bertemu dalam kondisi dan suasana yang lebih baik dan lebih meriah lagi,” ucap Aslam sebelum meninggalkan lokasi pertemuan. (Tim – Media)

Foto :
Aslam Rayuda, SE, MM (kiri baju coklat) saat mendengarkan ungkapan aspirasi dan buah pikiran dari warga asal Kabupaten Batu Bara di Kampung Medan, Selangor, saat bersilaturrahim, Minggu 29 September 2024. (Foto: ist)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

8 Program unggulan Zahir & Aslam,wujudkan Batu Bara maju
Ketua Tim Kampanye Zahir & Aslam Pimpin Rapat Bahas Divisi Kampanye Per kecamatan
Bustan Pinrang Resmi Dukung Pasangan Cudy – Agusto untuk Cagub Bacagub Sulawesi Tengah
Penetapan Paslon Zahir-Aslam Sudah Penuhi Ketentuan yang Berlaku
Tomas Mangkai Lama Suroto Mendoakan Zahir – Aslam, Lanjutkan Pimpin Batu Bara
Pilkada Batu Bara: Ngopi Bareng, Warga Minta Zahir Lanjutkan Program Berobat Gratis
Tim Zas Center Siap Menangkan Zahir-Aslam di Tanjung Tiram
Touring Gunakan Sepeda Motor, Zahir Pantau Pembangunan yang Belum Selesai

Berita Terkait

Minggu, 6 Oktober 2024 - 01:16 WIB

Tersahkan, Ajo Irawan Mengukir Tim Pemenangan “Bintang-Faisal” Sultan Daulat

Minggu, 6 Oktober 2024 - 01:02 WIB

Polres Subulussalam Gelar Dzikir dan Doa Bersama Menuju Pilkada Damai

Minggu, 6 Oktober 2024 - 00:51 WIB

Kapolres Subulussalam Hadiri Upacara HUT TNI yang Ke-79, Perkuat Sinergitas TNI-POLRI

Kamis, 26 September 2024 - 03:57 WIB

Toto Ujung Vs Ramadin, ST Terkait Stadmand “ASBUN” Pada DPR RI Terpilih Muslim Aiyub

Jumat, 20 September 2024 - 06:33 WIB

Selamat jalan Sahabat Kami: Rekan Jurnalis Jalalludin Barat Telah Berpulang Kerahmatullah

Rabu, 4 September 2024 - 11:58 WIB

Pemko Subulussalam Bersama SKPK Tinjau Lokasi Progran Bakti Sosial TNI-AD 2024 

Minggu, 18 Agustus 2024 - 07:06 WIB

Jajaran Polres Subulussalam, Hadiri Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-79

Senin, 5 Agustus 2024 - 16:13 WIB

Klarifikasi Pemberitaan Tentang Pemukulan Yang Melibatkan Anggota TNI di Subulussalam

Berita Terbaru