Prof Basuki Ahli Sifat Termal Materi USU : BBM Sangat Mudah Terbakar

ERIANTO PERANGIN ANGIN

- Redaksi

Selasa, 2 Juli 2024 - 13:23 WIB

4024 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

KARO,Indonesia24.co| Kapolda Sumut Komjen Pol. Agung I.S Efendi, M. Si, hadir untuk mengucapkan secara langsung belasungkawa kepada keluarga korban yang ditinggalkan dari peristiwa kebakaran warung yang terjadi,Kamis (27/06/2024) lalu,di Rumah Familinya Gg Sada Arih Jalan Irian Kelurahan Padang Mas Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo Sumatera Utara.

  1. Saat ini pihak dari Kepolisian masih terus bekerja melakukan rangkaian penyelidikan, mulai dari proses olah TKP, tim laboratorium forensik yang hadir di TKP, hingga penyidik dari Polda memberikan asistensi kepada penyidik Polres Tanah Karo.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi saat memberikan keterangan pers Minggu, (30/06/2024), di Mapolres Tanah Karo.

“Ini adalah komitmen Polda Sumatera Utara untuk tuntas menyelesaikan setiap peristiwa, perkara, maupun kasus dengan metode metode ilmiah melalui scientifik crime investigation,” kata Hadi.

Hadi menyampaikan, Polda Sumut mengundang Ahli, seorang Profesor, yang ahli di bidang sifat thermal material kimia dari Universitas Sumatera Utara, untuk menjelaskan terkait dengan kebakaran dan berbagai aspek terkait lainnya, yang selama ini mungkin kita tidak tahu atau kita abaikan.

Baca Juga :  " F SPTI - K SPSI Kab Karo di bawah Pimpinan Gembira Ginting bentuk Timsus hadapi F SPTI Ilegal"

Pendapat Ahli Bidang Sifat Thermal material kimia dari Universitas Sumatera Utara, Profesor Basuki Wirjono. Melanjutkan penyampaian dari Kabid Humas, menyampaikan pentingnya keselamatan dalam penyimpanan dan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

Melihat dari fakta kebakaran, bahwa korban ada menjual Gas LPG 3kg dan juga BBM eceran, yang disimpan di warung yang juga sebagai tempat tinggal, Basuki memberikan perhatian serius akan hal tersebut.

Dirinya menekankan bahwa BBM sangat mudah terbakar, dalam suhu 60 derajat celcius dan penggunaan jerigen plastik untuk mengisi BBM, dapat memudahkan menaikan suhu panas dan itu juga tidak disarankan, karena itu pembeilan BBM di pom bensin dilarang menggunakan bahan plastik karena sangat berbahaya.

Selain itu, Basuki mengingatkan pentingnya penyimpanan BBM di tempat yang aman dan tidak di area yang mudah dilalui orang. Ia juga menekankan pentingnya ventilasi yang baik di rumah, terutama di daerah dingin, untuk menghindari bahaya keracunan karbon monoksida yang bisa terjadi akibat penguapan di ruangan yang tidak cukup ventilasi.

Basuki juga mengingatkan bahwa prosedur keselamatan terkait dalam penyimpanan zat yang mudah terbakar tidak hanya penting di pabrik atau gudang besar perusahaan, tetapi juga di rumah dan lingkungan sekitar.

Baca Juga :  Satlantas Polres Tanah Karo Kembali Sosialisasikan Tertib Berlalulintas Saat Ops Patuh Toba 2023 Kepada Pengendara

Ia mengajak masyarakat untuk lebih sadar akan bahaya yang mungkin terjadi dan mengambil langkah langkah pencegahan yang diperlukan untuk tidak sembarangan dalam hal peyimpanan bahan bakar. Apalagi jika bahan bakar disimpan di dalam rumah tempat tinggal, yang tentunya banyak potensi yang menyebabkan adanya percikan api baik itu dari Kompor, Rokok maupun arus listrik ataupun radiasi alat komunikasi.

“Agar ini menjadi perhatian serius bagi kita semua, khususnya masyarakat yang masih menggunakan BBM atau botol plastik sebagai penyimpanan dan menyimpamnya di dalam rumah”, ujar Basuki.

Basuki mengakhiri edukasi yang diberikannya dengan menyampaikan, bahwa sebagai tenaga pendidik, pengabdian yang dilalukannya bukan hanya mengajar di kelas, tetapi juga memberikan masukan kepada masyarakat mengenai keselamatan dan pentingnya mengikuti aturan yang ada.

Dirinya berharap, melalui penyebaran informasi ini, kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian dalam penyimpanan dan penggunaan BBM dapat diminimalisir.

Laporan : Rani Tukkir

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Karang Taruna Berastagi Ikut Sukseskan Festival Bunga dan Buah
Bentuk Solidaritas..!!! Aksi Lilin Untuk Sempurna Pasaribu dan Keluarga
Rekan Koswari Karo Ucapkan Selamat Atas Pernikahan Putra Gogo Barus
Anak Berastagi…!!! Tetap Jaga Kebersamaan dan Kenyamanan
HUT Bhayangkara 78..!!! Hinca Pandjaitan Titip Nasi Tumpeng dan Manuk Sangkep
Miris…!!! Kepergian Kalian Masih Kami Tunggu Kebenarannya
Kapolda Sumut Kunjungi Keluarga Jurnalis Sempurna Pasaribu Korban Kebakaran
Kapolda Sumut Melayat Ke Rumah Duka Personel Polres Tanah Karo

Berita Terkait

Senin, 1 Juli 2024 - 20:21 WIB

Kapolres Gayo Lues Berikan Penghargaan Kepada Personel Berprestasi dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024

Minggu, 30 Juni 2024 - 18:55 WIB

Kapolres Gayo Lues Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Personel

Sabtu, 29 Juni 2024 - 22:19 WIB

Tunggu Hasil Survei, H.M Amru Siap Bertarung di Pilkada Gayo Lues 2024

Jumat, 28 Juni 2024 - 15:25 WIB

Polres Gayo Lues Gelar Bhakti Kesehatan Penyandang Disabilitas dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024

Jumat, 28 Juni 2024 - 14:11 WIB

Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke 78. Polres Gayo Lues Gelar Bhakti Kesehatan Penyandang Disabilitas Tahu 2024.

Jumat, 28 Juni 2024 - 13:40 WIB

Kodim 0113/Gayo Lues Komsos Dengan Aparat Pemerintah

Kamis, 27 Juni 2024 - 19:45 WIB

Terindikasi Kasus Korupsi, FKMP Laporkan Bupati Sambas Ke KPK RI

Kamis, 27 Juni 2024 - 19:03 WIB

Polres Gayo Lues Gelar Bakti Sosial Penyerahan Beasiswa/Tali Asih Kepada Siswa Sekolah dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024

Berita Terbaru