Menakar Tiga Kekuatan Politik Besar di Pilkada Pidie 2024

INDONESIA24

- Redaksi

Rabu, 26 Juni 2024 - 04:16 WIB

4014 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pidie – Pemilihan kepala daerah(Pilkada) serenta hanya menghitung bulan, berbagai trik terus dilakukan untuk menjadi pemenang pada pesta demokrasi mendatang. Para bakal calon kepala daerah pun sudah mulai menampakkan geliatnya. Tak heran, jika sebagian dari bakal calon Bupati sudah mulai melakukan sosialisasi dan membentuk tim serta relawan pemenangan. Begitupun, ada juga yang sudah mendaftarkan diri ke partai politik.

Di Kabupaten Pidie, dari sejumlah nama yang dikhabarkan akan bertarung, tiga nama diantaranya terus dibicarakan di tataran masyarakat karena dianggap sebagai kandidat terkuat yang paling potensial untuk memenangkan Pilkada Pidie 2024. Ketiga nama tersebut yakni Sarjani Abdullah, Fadhlullah Dekfad dan H Jamal Abadi.

Sosok Sarjani Abdullah tentunya bukan sosok yang baru lagi di dalam perpolitikan Pilkada Pidie. Sarjani pernah menjadi Bupati Pidie periode 2012-2017, namun sayangnya di Pilkada 2017 lalu dirinya harus terhenti langkahnya melanjutkan kepemimpinannya setelah kalah dari Alm Roni Ahmad (Abu Syik).

Namun, pada Pilkada 2024 kali ini Sarjani tentunya lebih percaya diri, selain tidak lagi harus berhadapan dengan pesaing beratnya Alm Roni Ahmad, Sarjani juga tetap mendapatkan dukungan penuh dari Partai lokal penguasa yakni Partai Aceh yang dinilai sebagai mesin politik paling mengakar di daerah tersebut.

Baca Juga :  Danrem 011/LW Pimpin 1.700 Personel PAM VVIP

Tunggu dulu, Sarjani mungkin boleh berbangga dengan kekuatan yang sudah, namun nama lainnya yang juga berasal dari kalangan mantan kombatan GAM juga akan melaju pada Pilkada Pidie kali ini adalah Fadhlullah Dekfad, SE

Selain juga disokong oleh mantan kombatan GAM, sosok Dekfad juga memiliki dukungan penuh dari partai penguasa dari Pusat yakni Partai Gerindra.

Berbekalkan pengalaman dua periode di DPR RI tentunya Dekfad (sapaan akrab Fadhlullah) memiliki relasi yang kuat ke pemerintahan pusat maupun ke akar rumput, ditambah lagi saat ini Dekfad menahkodai Gerindra Aceh.

Walaupun kedua nama politisi itu berada di atas angin, namun satu penantang baru H Jamaluddin Abdullah atau akrap disapa H Jamal Abadi yang maju dari independen juga tak bisa dianggap enteng. Sosok pengusaha toko emas itu juga telah lama melakukan penggalangan kekuatan hingga ke masyarakat akar rumput melalui kegiatan-kegiatan sosial.

Hal yang tak kalah menarik, secara kekuatan politik H Jamal Abadi juga dikhabarkan mendapat dukungan penuh dari Pj Bupati Pidie, sehingga semakin memuluskan langkah sang ketua RAPI Pidie itu melaju kursi empuk Bupati Pidie. Apalagi, belajar pengalaman Pilkada Pidie sebelumnya, pasangan kandidat independen dapat mengalahkan kandidat Bupati dengan dukungan koalisi banyak partai politik.

Baca Juga :  Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Menghina Keras Atas Pemusnahan Barang Bukti Dari Sejarah Rumoh Geudong

Selain itu dukungan Pj Bupati Pidie itu juga tak bisa dianggap remeh, pasalnya selain akan mempengaruhi suara ASN hingga tenaga kontrak ataupun honorer juga akan mempermudah seorang calon Bupati untuk mendapatkan dukungan publik salah satunyamelalui berbagai kegiatan pemerintahan.

Terbukti selama ini H Jamal Abadi sering dilibatkan sebagai panitia dalam berbagai acara yang dibuat oleh pemkab Pidie dan beberapa kali pertemuan yang diadakan H Jamal, bahakan khabarnya diberbagai pertemuan dengan tokoh partai disebut-sebut bahwa H Jamal Abadi didukung penuh oleh Pj Bupati Pidie karena sang Pj Bupati ingin mengulang sejarah lagi kemenangan independent di Pidie

Dukungan Pj Bupati Pidie ini tentunya menjadi kekuatan bagi sosok H Jamal Abadi untuk memuluskan langkahnya menuju kursi Pidie 1.

Pun demikian, terlepas dari berbagai dukungan tentunya semua kembali ke masyarakat sebagai pemilik suara. Dalam hal ini ketiga calon kuat tersebut dengan dukungan kekuatan di belakang masing-masing masing-masing tentunya terus berlomba mengambil hati rakyat dengan berbagai strategi dan taktik yang dianggap jitu. Alhasil siapapun yang diyakini dan dipilih rakyat pada 18 November 2024 mendatang akan keluar sebagai pemenang. (DN)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Afdzal Kautsar Pimpin SEMMI Cabang Pidie Periode 2024-2026
Demi Kelanjutan Realisasi Tanah Mantan Kombatan, Perjuangan Korban Konflik dan JKA, PSI Pidie Ajak Masyarakat Dukung AL QUDRI untuk DPR RI
Ribuan Masyarakat Mutiara Raya Meramaikan Silaturrahmi Isra’ Mi’raj dan Ulang Tahun Partai Gerindra: Dek Fad Ajak Pidie Bersatu Demi Kemajuan Daerah
Warga Terdampak Banjir Pidie Terima Bantuan Pemerintah Aceh
Kepsek SMAN 1 Sakti Pidie, Berikan Klarifikasi Terkait Tiga Siswa Berkelahi, Videonya Beredar di Medsos
Danrem 011/LW mendampingi Kasdam IM Tutup Opster TNI 2023 Wilayah Kodim 0102/Pidie.
Danrem 011 Menyambut Kunjungan Presiden Republik Indonesia
Sukses, Kegiatan Kunjungan Kerja RI 1 Didukung Sistem Andal PLN

Berita Terkait

Selasa, 2 Juli 2024 - 01:09 WIB

Kuasa Hukum Masyarakat Adat Kajang Respons Kujungan DPRD Sulsel ke Kemen-ATR/BPN

Jumat, 28 Juni 2024 - 18:54 WIB

Diduga Cacat Hukum” Pernyataan Kapolsek Manggala Berpendapat Yang Tidak Sesuai Dengan Fakta, Ini Kata PH BH dan An

Rabu, 26 Juni 2024 - 02:14 WIB

Anton-Syafaruddin Dinilai Dua Sosok Pasangan Ideal, Jadi Bupati Dan Wakil Bupati Rohul, Dukungan Tokoh Terus Mengalir

Rabu, 26 Juni 2024 - 01:57 WIB

Irjen Pol Ahmad Luthfi; Netizen Policing adalah bentuk partisipasi aktif masyarakat yang kami apresiasi dan dukung

Rabu, 26 Juni 2024 - 01:52 WIB

Irjen Pol Ahmad Luthfi; Polda Jateng Gelar Bhaksos, Serahkan Ribuan Bantuan Pada Masyarakat Semarang

Rabu, 26 Juni 2024 - 01:46 WIB

Kapoksahli Pangdam XII/Tpr Hadiri Baksos dan Bansos Polda Kalbar Dalam Rangka HUT ke-78 Bhayangkara

Sabtu, 22 Juni 2024 - 16:00 WIB

Kanal Marannu: Upaya Solusi Krisis Air di Jeneponto

Minggu, 16 Juni 2024 - 02:51 WIB

Pj Walikota Didampingi Sekdako dan Forkopimda, serta Fadila Saputra Komut TNN dan Ismail Sarlata Ketua AMI Hadiri Kejuaraan Bola Voly Putra U 17 Sambut HUT Pekanbaru ke 240

Berita Terbaru

BATU BARA

Pelaksanaan Patroli Dialogis malam dilakukan Polsek Lima Puluh

Minggu, 7 Jul 2024 - 21:12 WIB

BISNIS

20 Penyebab Genset Rusak yang Harus Anda Ketahui

Minggu, 7 Jul 2024 - 17:04 WIB