Tim Wasev Mabes TNI AD Tinjau Lokasi TMMD Ke-120 di Kampung Kendawi

INDONESIA24

- Redaksi

Kamis, 30 Mei 2024 - 14:25 WIB

4030 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues – Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 dari Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) Mayjen Mar Dr. Hermanto, S.E., M.M,. CSBA., CTMP dan rombongan meninjau lokasi kegiatan TMMD Reguler Ke-120 Kodim 0113/Gayo Lues di Desa Kendawi, Kecamatan Blangkejeren Kabupaten, Gayo Lues, Kamis (30/05/24).

Kehadiran Tim Wasev yang dipimpin oleh Mayjen Mar Dr. Hermanto, S.E., M.M,. CSBA., CTMP disambut secara adat oleh Muspika Kecamatan Dabun Gelang.

Sesampainya disana, Ketua Tim Wasev dan rombongan disambut dengan Tarian Didong Alo oleh pemuda kampung setempat, dilanjutkan dengan pengalungan Syal Kerawang Gayo oleh Camat Dabun Gelang Rahmad, S. Pd. Ritual tersebut biasanya digunakan untuk menyambut tamu-tamu terhormat. Selanjutnya Ketua Tim Wasev dan rombongan menuju posko TMMD Reguler Ke-120 Kodim 0113/Gayo Lues.

Dihadapan Ketua Tim Wasev, Dansatgas TMMD Letkol Czi Yanfri Satria Sanjaya, M. Han memaparkan pencapaian kegiatan TMMD ke-120 Tahun Anggaran 2024 di Kampung Kendawi, Kecamatan Dabun Gelang.

Pj. Bupati Gayo Lues Drs. Alhudri, MM dalam sambutannya mengatakan, kedatangan Ketua Tim Wasev dan rombongan diharapkan membawa perubahan positif bagi masyarakat Gayo Lues. Oleh karena itu Alhudri meminta khusus untuk Kabupaten Gayo Lues diadakan TMMD setiap tahun untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Beliau mengapresiasi setinggi-tingginya atas kehadiran Tim Pengawasan dan Evaluasi, untuk melaksanakan Kunjungan Kerja di Kabupaten Gayo lues ini, mudah-mudahan TMMD Gayo Lues kali ini bisa memberikan manfaat yang sinergitas dan memuaskan semua pihak, khususnya masyarakat Kampung Kendawi ini.

Baca Juga :  Abdussalam Anggota DPRK Gayo Lues, Kecam Armada Dump Truc yang Nyaris Hancurkan Jalan Antar Desa

Beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas totalitas yang diberikan, mari kita optimalkan pelaksanaan TMMD tahun ini, sehingga tercapai hasil yang memuaskan.

“Saya berharap program TMMD ini akan menyasar ke kampung-kampung lainnya di Kabupaten Gayo Lues ini, sehingga kami semakin terbantu dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Alhudri.

Sementara itu Ketua Tim Wasev Mayjen Mar Dr. Hermanto, S.E., M.M,. CSBA., CTMP mengatakan, Program TMMD mempunyai sasaran yang diprioritaskan kepada:

1. Daerah miskin, tertinggal, terisolir dan terpencil.
2. Daerah kumuh perkotaan.
3. Daerah perbatasan dan pulau terluar.
4. dan Daerah yang terkena dampak bencana alam.

Adapun sasaran TMMD terbagi dalam dua kategori yang pertama adalah sasaran fisik yang berkaitan dengan pembangunan fasilitas umum dan sosial.

Contoh kegiatan sasaran fisik dilaksanakan diantaranya yaitu pembukaan dan peningkatan kualitas jalan. Pembangunan tempat ibadah, pembuatan jembatan, pembuatan irigasi/ titik sumber air, rehab sekolah, pembuatan sumber air, melaksanakan penanaman pohon dan pembersihan lingkungan yang kegiatannya melaksanakan pembersihan saluran air dan pasar.

Pada kesempatan kali ini, perlu saya sampaikan beberapa hal menonjol yang perlu diperhatikan oleh Dandim selaku Dansatgas TMMD,
yaitu: Pertama. Dihadapkan dengan musim hujan, Dansatgas agar merencanakan Kegiatan TMMD dengan baik sehingga pelaksanaan TMMD dapat selesai tepat waktu dan sasaran tercapai target saat penutupan TMMD.

Kedua, dalam kegiatan TMMD laksanakan kerjasama TMMD dengan Pemda melalui SKPD terkait dilaksanakan dalam bentuk Swakelola tipe-2.

Baca Juga :  Bravo, Satresnarkoba Polres Gayo Lues Berhasil Ungkap Kasus Peredaran Narkotika Jenis Ganja

“Kepada Dandim selaku Dansatgas TMMD ada beberapa penekanan yang perlu di dilaksanakan oleh Dandim selaku Dansatgas TMMD diantaranya sebagai berikut,

Pertama, pedomani rencana umum TMMD agar pelaksanaan berjalan tertib, lancar dan Sasaran tercapai sesuai yang diharapkan.

Kedua, gunakan dukungan operasional TMMD sesuai peruntukan kode akun dan tertib administrasi.

Ketiga, selesaikan target sasaran fisik, sasaran non fisik & sasaran tambahan Program unggulan Kasad tepat waktu sesuai waktu yang ditentukan.

Keempat, tingkatkan sinergitas dengan Pemerintah Daerah, instansi vertikal lain, akademisi, tokoh masyarakat/agama/adat dan komponen masyarakat lainnya untuk mendukung giat TMMD.

Kelima. Optimalkan pencapaian Output kegiatan dan Outcome Program TMMD dalam rangka Rak Juang yang tangguh dan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Keenam, utamakan faktor keamanan dan keselamatan selama pelaksanaan kegiatan TMMD berlangsung,” ujarnya.

Tinjauan TMMD Reguler ke-120 30113/Gayo Lues tersebut dihadiri oleh diantarnya Ketua Tim Wasev Mayjen Mar Dr. Hermanto, S.E., M.M,. CSBA., CTMP, Paban V /Bhakti TNI AlKolonel mar Djentaju Supri Handoko, Asterdam IM Kolonel Inf Budi Rahmawan, Dansatgas TMMD Reguler ke-120 Kodim 0113/Gayo Lues Letkol Czi Yanfri Satria Sanjaya, M. Han Pj. Bupati Gayo Lues Drs. Alhudri, MM, Kapolres Gayo Lues AKBP Setiyawan Eko Prasetiya, Kajari Gayo Lues diwakili Plh. Muhammad Sairi, SH, para kepala dinas badan dan kantor, Forkopimcam Dabun Gelang dan para Pengulu se-Kecamatan Dabun Gelang dan masyarakat setempat.

(Abdiansyah)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Operasi Patuh Seulawah 2024 di Mulai, Satlantas Polres Gayo Lues Ajak Masyarakat Patuhi Peraturan Lalulintas
Fauzul Iman ST MSi, Resmi Tutup Bimtek Life Skill Di Desa Bukit Bersinar Gayo Lues.
Beragam Kalangan/Masyarakat Berharap H.M.Amru Kembali Menjadi Bupati Gayo Lues, dan Ini Respon H.M. Amru
Kelanjutan Proses Perehapan Masjid Baiturrahim Hari Ke tujuh belas.
Babinsa Koramil 10/Pantan Cuaca Melaksanakan Kegiatan Anjangsana Dan Silaturahmi Di Desa Remukut
Pembukaan TMMK, Kadis DP3AP2KB Gayo Lues : Pemkab Gandeng TNI Guna Dorong Program KB
Kepala BNNP Aceh, Resmikan Pembibitan Kopi GDAD Di Uyem Beriring Desa Palok.
Kapolres Gayo Lues Berikan Penghargaan Kepada Personel Berprestasi dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024

Berita Terkait

Rabu, 3 Juli 2024 - 19:02 WIB

Brigjen Armia Fahmi Ajak semua Pihak Harumkan Nama Aceh pada Momen PON Aceh-Sumut

Kamis, 27 Juni 2024 - 21:38 WIB

Diumumkan Gerindra, Prof Adjunct. Dr. Marniati Diajukan Sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh

Kamis, 27 Juni 2024 - 21:17 WIB

HIMATIN Universitas Serambi Mekkah Adakan Kunjungan Industri dan Bakti Sosial

Selasa, 25 Juni 2024 - 23:46 WIB

Kolaborasi dengan Polda Aceh, PLN UID Aceh Terangi Puluhan Rumah Menyambut HUT Bhayangkara ke-78

Minggu, 23 Juni 2024 - 20:22 WIB

Darni M, Daud Ingin Bangkitkan Ekonomi Rakyat, Ratusan Relawan Berikan Dukungan Maju Gubernur Aceh

Sabtu, 22 Juni 2024 - 21:14 WIB

Begitu Tulusnya Aminullah, Terlalu Kejamkah Amiruddin?

Sabtu, 22 Juni 2024 - 20:33 WIB

Amiruddin Dinilai Gagal Memimpin Banda Aceh, Ini Faktanya

Sabtu, 22 Juni 2024 - 14:22 WIB

– Tragisnya Kekuasaan, Air Susu Dibalas Air Tuba Jadi Catatan Pilwalkot Banda Aceh 2024

Berita Terbaru