BNNK Gayo Lues Kembali Gelar Kegiatan Life Skill Pembuatan Pupuk Organik Cair Di Desa Beranang.

Kamal Porang

- Redaksi

Rabu, 22 Mei 2024 - 00:03 WIB

4066 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues – Dalam rangka Peringatan Hari Anti Narkotika Nasional (Hani) 2024, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues kembali menggelar Kegiatan Life Skill Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Padat yang dilaksanakan di Desa Beranang Kecamatan Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh, Selasa (21/05/2024).

Kegiatan Life Skill Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Padat tersebut selain Kepala BNNK Gayo Lues, Fauzul Iman ST MSi, juga dihadiri Oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) Kabupaten Gayo Lues, Mukhtaruddin SE MAP, Kepada Dinas Pertanian Gayo Lues, Juanda Sahputra SH MH, Dinas Pertanian Gayo Lues diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan Pada Dinas Pertanian Idar SP, Kepala Bappeda Gayo Lues, diwakili oleh Sadikin SE, Instruktur Kamaruddin SP, Pengulu Desa Beranang Nasaruddin, Sekretaris Desa Beranang Mansur SP, Babinsa Serda. Ragil para Pendamping serta Stakeholder dan Peserta 15 Orang peserta Kegiatan.

Dalam kegiatan Life Skill tersebut, BANK Gayo Lues melakukan upaya P4GN di bidang pemberdayaan Masyarakat Khususnya pemberdayaan Alternatif dengan memberikan pelatihan Life Skill kepada Masyarakat di Kawasan Rawan Narkoba, agar tidak terjebak dan terjebak Narkoba dan bisa meningkatkan Ekonomi Masyarakat setempat.

Untuk itu, Kepala BNNK Gayo Lues, Fauzul Iman ST MSi, tidak bosan-bosan menyampaikan ke Masyarakat, bahwa dalam upaya P4GN serta untuk memutuskan mata rantai Peredaran Gelap Narkoba, salah satunya yaitu dengan memberikan Pelatihan Life Skill kepada Masyarakat, karena Modus Operandi Bandar dan kurir Narkoba dalam hal menjual Narkobanya memiliki Sistem yang berbeda-beda sehingga Masyarakat bisa terjebak dalam Peredaran Gelap Narkoba dan Juga Kultivasi Ganja.

Baca Juga :  Jumat Curhat Terakhir, Kapolres Sangat Diapresiasi Oleh PJ Bupati Gayo Lues

“Dengan iming-iming bayaran yang besar dan memberikan upah untuk menanam Ganja, hal ini tentunya harus di tolak dan beralih kepada Usaha – usaha yang halal,” Jelas Fauzul Iman.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya Life Skill Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Padat tersebut, Masyarakat Desa Beranang diharapkan memiliki keahlian, agar kedepannya, Pupuk Organik Cair dan Padat ini bisa di kembangkan, sehingga bisa bekerja sama dengan BUMK Desa agar dapat di Produksi secara Besar-besaran untuk di Pasarkan di Kecamatan Kutapanjang dan sekitarnya.

“Jadi, dengan menciptakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Beranang ini dengan Pupuk Organik dapat menciptakan lapangan Pekerjaan baru yang dapat meningkatkan Perekonomian Masyarakat serta mengurangi tingkat pengangguran, sehingga terhindar dari Penyalahgunaan Narkoba,” Sebut Jebolan Sarjana S2 ini.

Lebih lanjut Mantan Kasubag Umum BNN Provinsi Bangka Belitung ini menambahkan, untuk mewujudkan Desa Beranang Bersinar, Perlu adanya tindakan nyata dari BANK Gayo Lues, Implementasi Program Grand Disegn Alternatif Development (GDAD) ialah peralihan mantan Petani Ganja menjadi Petani yang Produktif salah satunya Petani Kopi GDAD BNNK Gayo Lues yang saat ini telah membentuk Koperasi KSU Gayo Coffee Mountain Leuser.

Yang kini telah bersinergi dengan PT. Ujang Jaya Internasional juga Starbucks, sehingga Masyarakat tidak perlu ragu lagi menanam Kopi GDAD dan dapat membanding – bandingkan harga Pasar Gelap Ganja dengan harga Kopi.

Baca Juga :  Ketua TP PKK Kecamatan Blangpegayon Tinjau Program PKK Desa Porang Ayu

Dengan di Ekspor nya Kopi GDAD serta memiliki harga Standar Dunia, jelas dapat meningkatkan pendapatan perkapita dan meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

“Kita juga berharap, dapat menekan angka Kultivasi Ganja dan Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba di Wilayah Hukum Kabupaten Gayo Lues untuk mewujudkan Gayo Lues Bersih Narkoba (Bersinar),” Pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Juanda Sahputra SH MH, melalui Kabid Tanaman Pangan Idar SP menjelaskan, saat ini Dinas Pertanian Gayo Lues sudah bersinergi dan berkolaborasi dengan BNNK Gayo Lues dalam Program GDAD dan Life Skill.

Hal ini sangat bedampak Positif bagi Masyarakat terutama dalam pengembangan Pupuk Organik yang sangat membantu Petani.

“Untuk itu, mari bersama – sama kita ikuti Kegiatan Life Skill ini dengan sungguh – sungguh serta memberikan contoh kepada Masyarakat Gayo Lues, bahwa Masyarakat Desa Beranang juga mampu mengembangkan Pupuk Organik cair dan Padat,” Jelasnya.

Terpisah, Pengulu Desa Beranang Nasaruddin mengucapkan terima kasih kepada Kepala BNNK Gayo Lues yang tak Bosan – bosannya melaksanakan Program Life Skill Pembuatan Pupuk Bio Organik Cair dan Padat di Desa Beranang, dimana mayoritas Masyarakatnya merupakan Petani bahkan banyak dari Masyarakat mantan Petani Ganja.

“Sehingga, Masyarakat sangat antusias dan membutuhkan Binaan dari BNNK Gayo Lues, atas nama Pengulu Desa Beranang BUMK siap mendukung, Mensuport, mengembangkan dan memfasilitasi pembuatan Pupuk Organik di Desa Berenang ini,” Tutupnya.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Warga Kampung Rak Lintang Sangat Antusias Mendukung dan Memenangkan Calon Bupati Gayo Lues Nomor 1 “Said Sani – Saini”
Ratusan Santri Ponpes Bustanul Arifin Gelar Doa Bersama untuk Kemenangan Said Sani-Saini
Pasangan “GAESSS” Ingin Gayo Lues Islami, Maju, Sejahtera Dan Berkeadilan
Inspektur Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Irdam IM), Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, M.A., Melakukan Peninjauan Program Pompanisasi Di Wilayah Kabupaten Gayo Lues
Diantar Massa Pendukung, “Said Sani-Saini” Kontestan Pertama Mendaftar ke KIP Gayo Lues
KIP Gayo Lues Terima Pendaftaran Calon Bupati Said Sani –Saini
Ribuan Pendukung dan Ratusan Kendaraan, Kawal Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Gayo Lues Said Sani- Saini Ke Kantor KIP
Said Sani Hadiri Undangan Bejamu Saman di Kampung Penosan Disambut Warga dengan Antusias

Berita Terkait

Minggu, 6 Oktober 2024 - 01:40 WIB

Quick Respon Personel Brimob Aceh Membantu masyarakat Memadamkan Api Yang Membakar Pertokoan Di Subulussalam

Minggu, 6 Oktober 2024 - 01:16 WIB

Tersahkan, Ajo Irawan Mengukir Tim Pemenangan “Bintang-Faisal” Sultan Daulat

Minggu, 6 Oktober 2024 - 00:51 WIB

Kapolres Subulussalam Hadiri Upacara HUT TNI yang Ke-79, Perkuat Sinergitas TNI-POLRI

Kamis, 26 September 2024 - 03:57 WIB

Toto Ujung Vs Ramadin, ST Terkait Stadmand “ASBUN” Pada DPR RI Terpilih Muslim Aiyub

Jumat, 20 September 2024 - 06:33 WIB

Selamat jalan Sahabat Kami: Rekan Jurnalis Jalalludin Barat Telah Berpulang Kerahmatullah

Rabu, 4 September 2024 - 11:58 WIB

Pemko Subulussalam Bersama SKPK Tinjau Lokasi Progran Bakti Sosial TNI-AD 2024 

Minggu, 18 Agustus 2024 - 07:06 WIB

Jajaran Polres Subulussalam, Hadiri Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-79

Senin, 5 Agustus 2024 - 16:13 WIB

Klarifikasi Pemberitaan Tentang Pemukulan Yang Melibatkan Anggota TNI di Subulussalam

Berita Terbaru