Berjuang dari Bawah, Sosok Dr Firman Dandy Terbukti Hadir untuk Kemajuan Olahraga Aceh Timur

INDONESIA24

- Redaksi

Kamis, 14 Maret 2024 - 23:47 WIB

4025 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Aceh Timur – Jika banyak yang menjadikan olahraga untuk kepentingan panggung politik tanpa menjiwai dunia tersebut, berbeda halnya dengan Dr. Firman Dandy, SE, M.Si yang telah sejak lama berjuang dari bawah mengabdikan diri untuk kemajuan olahraga di daerah tersebut.

Merangkak dari bawah, Dr Firman Dandy mengawali karirnya sebagai staf di sekretariat KONI Aceh Timur sejak 2002 silam, hingga akhirnya beliau diamanahkan menjabat Ketua KONI Periode 2019-2023. Sehingga tak heran, jika para pengurus cabang Olahraga menilai sosok Firman Dandy sangat loyal dan bertanggung jawab dalam mengemban amanah tersebut.

“Menurut saya sosok Firman Dandy adalah sosok yang loyal, cinta semua cabang olahraga. Dan dalam kepemimpinannya, sangat bertanggung jawab terhadap semua cabor dan atletnya. Dari situ kita melihat sosok Firman Dandy adalah sosok yang tegas dan memiliki semangat yang tinggi,” ungkap Ketua Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Waliul Chalidin.

Dalam memajukan olahraga di Aceh Timur saat ini, Firman Dandy juga dikenal sebagai sosok yang sangat berpengaruh di KONI Aceh Timur. Pasalnya, bukan hanya saat Firman memimpin Ketua KONI, bahkan saat masih menjabat sekretaris umum memiliki jiwa support yang sangat tinggi demi kemajuan olahraga.

Menurut Waliul, sosok yang layak memimpin KONI Aceh Timur ke depan adalah sosok yang benar-benar peduli. “Bukan hanya di kantor saja, tapi juga bisa turun ke lapangan, walau hanya sebentar, tapi atlet bisa merasakan kehangatan dan kebersamaan dengan pemimpin,” kata Ketua Cabor yang sukses meraih prestami gemilang pada sejumlah Even PORA itu.

Sementara itu, Ketua PODSI, Ketua Pencak Silat Seluruh Indonesia Zainab mengungkapkan bahwa Firman Dandy adalah sosok yang mau turun langsung ke lapangan melihat dan mendampingi perjuangan atlet, dan hal itu pula yang kami disukai oleh para pengurus dan para atlet. “Dia ikut mendampingi, dan memotivasi langsung,”ujarnya.

Baca Juga :  Maju ke DPR RI Abdullah Puteh Didoakan Orang Kampung Kelahirannya

Zainab sangat berharap Sosok Firman Dandy dapat menjabat kembali sebagai Ketua KONI Aceh Timur periode 2024-2028 mendatang.

“Harapan saya kalau beliau terpilih lagi, memang harus berjuang lagi. Beliau tidak bisa memuaskan orang rame, tapi bisa memberikan yang terbaik untuk kemajuan prestasi olahraga Aceh Timur,” harapnya.

– Firman Dandy Terbukti Mampu Mengayomi Semua Lini

Sosok Dr Firman Dandy SE MSI dinilai sebagai sosok yang mampu mengayomi semua lini, responsif, komunikatif, dan mampu memediasi, dan melahirkan solusi – solusi solutif dari berbagai persoalan yang terjadi, khususnya di dunia olahraga Aceh Timur.

“Pengalaman kami (PDBI) selama kepengurusan Pak Dandy responnya bagus. Meski Cabor PDBI tidak sehebat Cabor Balap Motor, tapi yang kami rasakan selama ini, Pak Dandy tidak menganaktirikan Pengcab tapi merangkul, dan membina dengan baik semua cabang olahraga,” jelas Buk Dar salah satu pengurus cabang olahraga Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Aceh Timur.

Selain itu, Dr Dandy juga dikenal sebagai sosok yang mampu berkomunikasi dengan baik dan memotivasi para Pengcab, para atlet, dengan gaya komunikasi yang santun dan sopan.

“Ke depan harapan kita KONI ini dipimpin oleh sosok seperti beliau yang mampu mengayomi semua lini, tidak pilih kasih dan dapat memotivasi Pengcab dan atlet untuk memajukan olahraga Aceh Timur,”imbuhnya.

Senada dengan hal itu, Ketua Umum Pengurus Cabang Olahraga (Pengcab) Tarung Derajat Mukhlis ST menyebutkan Firman Dandy adalah sosok yang bijaksana selama memimpin lembaga olahraga KONI Aceh Timur.

Menurut Mukhlis dalam dunia olahraga tetap akan muncul permasalahan. Karena itu diharapkan tampuk pimpinan lembaga olahraga KONI harus mampu mengayomi dan menyelesaikan setiap permasalahan dengan baik dan bijaksana.

“Karakter itu “ADA” pada sosok Pak Firman Dandy, yang mampu mengayomi, dengan komunikasi yang baik dan tidak membeda-bedakan antara satu Cabor dengan Cabor yang lain, seperti inilah sosok Pemimpin KONI Aceh Timur yang kita harapkan ke depan sehingga dapat lebih memajukan prestasi olahraga Aceh Timur yang lebih baik lagi ke depan,” harapnya.

Baca Juga :  Ratusan KPA-PA Aceh Timur Hadiri Doa Bersama Mengenang 14 Tahun Berpulangnya Wali Nanggroe Hasan Muhammad Di Tiro

Sebagaimana diketahui, sejak 1 – 8 Maret 2024 lalu Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Umum KONI Aceh Timur, telah membuka pendaftaran calon nahkoda baru, dan hasilnya sebanyak dua orang mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua Umum KONI Periode 2024-2028. Salah satunya Dr Firman Dandy SE MSi.

Dari sejumlah pandangan pengurus cabang tersebut dapat dinilai bahwa Sosok Firman Dandy, adalah sosok pemimpin yang disukai dan dicintai oleh pengurus cabang olahraga, dan para atlet.

Kiprah Alumnus Doktor Program Studi Perencanaan Wilayah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara tahun 2022 ini tidak diragukan lagi. Kini, Ketua Ikatan Alumni Universitas Samudra (IKA UNSAM) ini juga menjabat posisi penting di KONI Aceh, sebagai Wakil Bendahara I.

Mengenang, saat Kabupaten Aceh Timur ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Aceh (PORA) XII tahun 2014 silam, Firman Dandy dipercayakan sebagai Sekretaris Panitia Penyelenggara PORA. Sehingga, ia berkontribusi langsung menentukan arah kebijakan dan kemajuan prestasi olahraga di kabupaten itu.

Hasilnya, melalui manajemen perencanaan yang matang, dan menjalankan peran yang mumpuni, Aceh Timur sukses menjadi tuan rumah PORA. Malahan, KONI Aceh mengakui sebagai tuan rumah PORA terbaik yang pernah dilaksanakan di Provinsi Aceh.

Bahkan, manajemen dan konsep pelaksanaan PORA di Aceh Timur itu diadopsi sekaligus menjadi patron perhelatan PORA di Aceh Besar 2018, Pidie 2022, dan selanjutnya di Aceh Jaya pada tahun 2026 mendatang. Bahkan, Dr Dandy, dipercayakan sebagai tim advisor pada setiap even PORA di Aceh.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Ratusan KPA-PA Aceh Timur Hadiri Doa Bersama Mengenang 14 Tahun Berpulangnya Wali Nanggroe Hasan Muhammad Di Tiro
Kalapas Idi Buka Turnamen Futsal Antar Warga Binaan.
SC Muswil SEMMI Aceh Tetapkan Teuku Wariza Pimpin SEMMI Aceh
Putra Aceh, Tarmizi Age Beri Selamat Kepada Prabowo Subianto Presiden Indonesia Terpilih
Panwaslih Aceh akan Bersidang, Teuku Okta Randa Kandidat DPR Dapil 6 Aceh Timur Nyatakan Hadir
Demi Loloskan Abang Ipar ke DPRK, Ketua KIP Aceh Timur Diduga Lakukan Pengaturan Suara dan Abaikan Temuan Panwaslih
Jika KIP Tidak Koreksi Penggelembungan Suara DPR RI di Dapil Aceh II, Maka Akan Cederai Demokrasi
Bawaslu Aceh Timur Ingatkan Semua Caleg Tak Lakukan Money Politik

Berita Terkait

Minggu, 7 Juli 2024 - 09:54 WIB

Rico Sempurna Pasaribu : “Tolong Lindungi Saya Bang

Sabtu, 6 Juli 2024 - 23:20 WIB

Sekda Kabupaten Karo : Tetap Semangat Karang Taruna Berastagi

Sabtu, 6 Juli 2024 - 07:48 WIB

Penggiat Sosial Apresiasi Karang Taruna Kecamatan Berastagi

Sabtu, 6 Juli 2024 - 02:18 WIB

Rekan Rekan Jurnalis Cicipi Cimpa Unung Unung Milik Karang Taruna Berastagi

Jumat, 5 Juli 2024 - 18:44 WIB

Kebakaran di Jalan Sakti Gang Damai Kabanjahe

Jumat, 5 Juli 2024 - 17:52 WIB

Berkunjung ke Karo Abetnego Tarigan Pimpin Intervensi Serentak Penurunan Stunting

Jumat, 5 Juli 2024 - 12:00 WIB

FBB Hari Kedua..!!! Sekretaris Koswari Kabupaten Karo Kunjungi Posko Karang Taruna Berastagi

Jumat, 5 Juli 2024 - 07:09 WIB

FBB di Berastagi…!!! Anggota DPRD Karo Singgah di Posko Karang Taruna Berastagi

Berita Terbaru

BATU BARA

Pelaksanaan Patroli Dialogis malam dilakukan Polsek Lima Puluh

Minggu, 7 Jul 2024 - 21:12 WIB

BISNIS

20 Penyebab Genset Rusak yang Harus Anda Ketahui

Minggu, 7 Jul 2024 - 17:04 WIB