Kuliner Rabee Menjadi Makanan Ciri Khas Masyarakat Kluet Yang Harus Dilestarikan Keberadaannya

INDONESIA24

- Redaksi

Kamis, 28 Desember 2023 - 00:31 WIB

4084 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ACEH SELATAN | Kluet adalah sebuah Suku yang mendiami beberapa Kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, yaitu Kecamatan Kluet Utara, Kecamatan Kluet Selatan, Kecamatan Kluet Tengah dan Kecamatan Kluet Timur.

Tetapi etnis yang berada di empat Kecamatan dengan penutur bahasa asli di Pedalaman di Aceh Selatan itu Sekitar 60.000-80.000 jiwa, memiliki banyak jenis makanan khas yang belum tentu ditemukan di pergaulan etnis lain.

Khususnya lagi di pedalaman kluet sendiri yakni suatu daerah yang terpencil di kawasan itu yakni Lawe Sawah( kini Sudah di mekarkan lagi menjadi Desa Lawe Icing Manok). Memiliki makanan yang khas yaitu makanan Kerabu,Majun dan Rabee.

Kuliner khas yang terkenal oleh masyarakat kluet selain Rabee ada juga Majun, Gulai Kemahang, Gulai Lampuang, Gulai Maman, dan masih banyak lagi. Akan tetapi makanan Rabee yang mempunyai ciri khas dari tanah Kluet, Kabupaten Aceh Selatan.

Rabee Jukut Kluet, begitulah masyarakat kluet menyebutnya merupakan kuliner khas yang lezat dari masyarakat kluet, makan ini tidak asing lagi karena makan ini ciri khas masyarakat kluet yang ada di Aceh Selatan, makanan ini biasanya disajikan waktu makmeugang.

Kini, makanan khas itu pun mulai langka, makanan kerabu sendiri terdiri dari atas daging Kerbau atau daging sapi dan dibumbui dengan bawang, minyak kelapa dan ditambah sayur pucuk paku. Seiring dengan perkembangan zaman lalu lintas warga menjadi perkotaan karena tuntutan pekerjaan dan perkawinan antara etnis, makanan khas ini menjadi jarang ditemukan apalagi bahan bakunya berupa sayuran paku mulai langka karena lahan dan hutan tempatnya menjadi area kebun sawit dan lainnya.

Habibul Jafar Sidik Mengatakan ” Coba di setiap ada acara di tingkat kecamatan dan kabupaten ada hidangan Rabee dengan demikian Rabee adalah makanan yang harus dibudayakan oleh semua kalangan baik itu pemerintah maupun masyarakat, Setiap ada cara harus di hidangkan menu Rabee bila perlu dibuat Qanun agar memberikan manfaat bagi masyarakat untuk melestarikan adat istiadat atau makanan khas daerah, dengan adanya Qanun tersebut makanan khas yang hampir hilang akan tetap terjaga. ”

Baca Juga :  PA Aceh Selatan Raih 4 Kursi Sementara, PPD Aceh Selatan : Bukti Kembalinya Kepercayaan Masyarakat

Makanan lemang yang menggunakan bumbu muda untuk sarana memasaknya, kini sudah langka, bumbu untuk membuat Rabee atau Kerabu sudah mulai hilang di jadikan lahan sawit, bagi sebagian warga kluet, makanan Kerabu atau Rabee masih menghiasi hidangan pada waktu hari Makmeugang padahal, sebelum tahun 1980-an, semua jenis makanan seperti Kerabu dan Rabee menjadi makanan mentradisi sehingga ada ungkapan tanpa Kerabu dan Rabee tidak lengkap Makmeugang.

Kini, makanan semua itu sudah semakin langka, apalagi utamanya di tambah bumbu alamiah, sudah sejak lama tidak terlihat lagi.

Muaiyan ” Selaku generasi agen perubahan masyarakat khusus nya Suku kluet harus ada modal dan mental dagang membuka warung makan dengan masakan khas kluet menu Rabee atau Kerabu, Gulai Kemahang, Gulai Maman khusus nya makanan spesial masyarakat Kluet agar masyarakat lain pun turut ikut merasakan makanan Khas dari kluet tersebut. Sehingga makanan khususnya Rabee tersebut tidak hilang begitu saja ditelan oleh zaman. ”

Rabee sangat nikmat akan protein, sangat pas sekali dinikmati dengan keluarga dan kerabat lainnya. Oleh karena itu, kita patut untuk menjaga serta melestarikannya dan mempromosikannya supaya makanan Rabee ini bisa terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ( WBTBI) agar kehadirannya memperkaya makanan khas kebudayaan Indonesia.

Adapun bahan utama dari pembuatan Rabee atau kerabu yaitu Siapkan setengah atau seperempat kilogram daging kerbau atau sapi, Daging dipotong sebesar ibu jari, dan Siapkan cabe rawit 10 atau 5 biji, cabe merah 2 biji, bawang merah 5 biji, bawang putih 2 biji dan 2 biji kemiri lalu dihaluskan.

Adapun Cara memasak Kerabu atau Rabee adalah sebagai berikut : Daging kerbau ataupun daging sapi yang sudah dipotong dicampurkan dengan bumbu yang yang sudah dihaluskan tadi, ditambah garam secukupnya dan air asam, Lalu direbus dengan air hingga matang, dan Setelah dagingnya matang dipisahkan dengan air, kemudian dagingnya diaduk dengan kelapa gonseng secukupnya dengan menambahkan batang serai, daun jeruk dan daun tapak leman yang masih hijau yang diiris tipis.

Baca Juga :  Pengelolaan BUMG Gampong Naca Trumon Tengah, Berbaur Kurupsi, Kapala Desa Diduga Kongkalikong

Lamkaruna Putra, S. H “Selaku anak muda berpengaruh kepada masa depan bangsa maka anak muda sendiri sebaiknya selalu mempromosikan atau mengenalkan kepada masyarakat luar agar makanan khas kluet ini bisa dikenal oleh banyak orang dengan begitu makanan ini tidak akan punah dari masa ke masa karena sudah banyak dikenal oleh khalayak umum. ”

Arba’iyah,S.Sos ” Dengan mengenalkan kepada generasi muda bahwa ada makanan khas kluet yang rasanya sangat enak, hal itu bisa dilakukan melalui media sosial dengan menyebarkan gambar maupun tutorial cara membuatnya sehingga banyak yang tahu dan penasaran untuk mencobanya. Hal itu akan berdampak pada popularitas makanan khas tersebut untuk dikenal orang banyak, bukan hanya orang kluet saja namun orang luar juga.”

Makanan Rabee biasanya di hidangkan untuk para Raja- Raja Kluet pada masa itu, akan tetapi masyarakat kluet mulai mengelolanya sehingga makanan ini menjadi makanan khas bagi masyarakat kluet.

Menurut pendapat saya, makanan khas kluet itu harus Kita jaga dan Kita Lestarikan lagi supaya anak cucu kita kelak bisa menikmati juga makanan khas kluet itu.

Melestarikan adat budaya, makanan khas yang menjadi ciri khas dari masyarakat kluet adalah suatu yang wajib kita jaga bersama-sama supaya makanan khas ( Rabee atau Kerabu) bisa kita nikmati secara bersama-sama, kalau bukan kita yang menjaga kelestarian makanan kluet ini siapa lagi.

Regenerasi boleh berubah, akan tetapi kebudayaan tradisi makanan tradisional jangan berubah.

As agents of change, we should be directly involved in preserving the typical food in Indonesia, especially the land Kluet.

Mene oyak kito isean lain no
( kalau bukan kita siapa lainnya)

Penulis : Syahrul Amin

Instagram : Syahrul3Gj_Kluet

Klik link ini makanan khas Kluet apalagi kita tulis dalam bentuk opini agar makanan Kluet menjadi terkenal
👇👇👇👇👇👇👇👇

https://forms.gle/6b29mk2AZwLpXaXL7

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Terkait Pabrik Semen, Hasbar Kuba Sebut Pemkab Aceh Selatan Hanya Bawa Angin Surga
Darmansyah Manipulasi Abdiya Demi Kumpulkan Modal Pencalonan Bupati Aceh Selatan
Suasana Idul Fitri, PLN Gerak Cepat Atasi Gangguan Jaringan Listrik di Aceh Selatan
Layak Diperbaiki, Banyak Jalan Desa di Aceh Selatan Alami Kerusakan
Raih Suara Terbanyak Menuju Kursi DPRK Nagan Raya, Kader PPP ini di Peusijuk
PA Aceh Selatan Raih 4 Kursi Sementara, PPD Aceh Selatan : Bukti Kembalinya Kepercayaan Masyarakat
BARMAS Minta Dinas ESDM Aceh Tetap Pertahankan dan Membina PT BMU
Pengelolaan BUMG Gampong Naca Trumon Tengah, Berbaur Kurupsi, Kapala Desa Diduga Kongkalikong

Berita Terkait

Minggu, 7 Juli 2024 - 09:54 WIB

Rico Sempurna Pasaribu : “Tolong Lindungi Saya Bang

Sabtu, 6 Juli 2024 - 23:20 WIB

Sekda Kabupaten Karo : Tetap Semangat Karang Taruna Berastagi

Sabtu, 6 Juli 2024 - 07:48 WIB

Penggiat Sosial Apresiasi Karang Taruna Kecamatan Berastagi

Sabtu, 6 Juli 2024 - 02:18 WIB

Rekan Rekan Jurnalis Cicipi Cimpa Unung Unung Milik Karang Taruna Berastagi

Jumat, 5 Juli 2024 - 18:44 WIB

Kebakaran di Jalan Sakti Gang Damai Kabanjahe

Jumat, 5 Juli 2024 - 17:52 WIB

Berkunjung ke Karo Abetnego Tarigan Pimpin Intervensi Serentak Penurunan Stunting

Jumat, 5 Juli 2024 - 12:00 WIB

FBB Hari Kedua..!!! Sekretaris Koswari Kabupaten Karo Kunjungi Posko Karang Taruna Berastagi

Jumat, 5 Juli 2024 - 07:09 WIB

FBB di Berastagi…!!! Anggota DPRD Karo Singgah di Posko Karang Taruna Berastagi

Berita Terbaru

BATU BARA

Pelaksanaan Patroli Dialogis malam dilakukan Polsek Lima Puluh

Minggu, 7 Jul 2024 - 21:12 WIB

BISNIS

20 Penyebab Genset Rusak yang Harus Anda Ketahui

Minggu, 7 Jul 2024 - 17:04 WIB