Dandim 0113/Gayo Lues Pimpin Upacara HUT TNI ke-78 Tahun

INDONESIA24

- Redaksi

Kamis, 5 Oktober 2023 - 17:17 WIB

4099 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues – Dandim 0113/Gayo Lues pimpin upacara dalam rangka memperingati HUT TNI ke 78 Tahun 2023. Kamis (5/10/2023).

Upacara memperingati HUT TNI tersebut dilaksanakan di Lapangan Pancasila dengan mengusung tema “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”.

Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M melalui Dandim 0113/Gayo Lues Letkol CZI, Yanfri Satria Sanjaya, M. Han dalam sambutannya mengatakan tema tersebut bermakna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara.

“Kita berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera,”Kata Dandim.

Selain itu, tema tersebut diangkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilu serentak tahun 2024.

“Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah; yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kota madya,”Jelasnya.

Baca Juga :  Anggota DPRK Gayo Lues Didampingi Kabid Bina Marga PUPR Turun Ke Dusun Cemucut Blangpegayon.

Jelasnya, kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan.

“Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk,”lanjutnya.

Lanjutnya, kedepannya menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas dan kompleks, tidak terlepas dari dua hal yang sangat menentukan yaitu perkembangan teknologi dan sistem pertahanan.

Negara akan hadir untuk terus meningkatkan kapabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat menjadi kekuatan pertahanan negara yang modern dan mampu berperan aktif serta memiliki daya gentar tinggi di lingkungan strategis, regional maupun global.

Baca Juga :  Peduli Generasi Muda, Koramil 02/RG Kodim 0113/Gayo Lues Hadiri Pembukaan Turnamen Sepak Bola Antar Sekolah Dasar Tahun 2023

Dandim menekankan lima hal untuk dipedomani yaitu pertama, tingkatkan keimanan kepada tuhan Yang Maha Esa; Kedua, pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat terhadap TNI; Ketiga, laksanakan netralitas TNI; Keempat, jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan Polri, kementerian/lembaga dan komponen bangsa lainnya; dan kelima, jaga nama baik TNI dimanapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

Mengakhiri Upacara tersebut, Kodim 0113/Gayo Lues memberikan bingkisan sembako kepada para veteran yang di Kabupaten Gayo Lues. (Abdiansyah)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Warga Kampung Rak Lintang Sangat Antusias Mendukung dan Memenangkan Calon Bupati Gayo Lues Nomor 1 “Said Sani – Saini”
Ratusan Santri Ponpes Bustanul Arifin Gelar Doa Bersama untuk Kemenangan Said Sani-Saini
Pasangan “GAESSS” Ingin Gayo Lues Islami, Maju, Sejahtera Dan Berkeadilan
Inspektur Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Irdam IM), Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, M.A., Melakukan Peninjauan Program Pompanisasi Di Wilayah Kabupaten Gayo Lues
Diantar Massa Pendukung, “Said Sani-Saini” Kontestan Pertama Mendaftar ke KIP Gayo Lues
KIP Gayo Lues Terima Pendaftaran Calon Bupati Said Sani –Saini
Ribuan Pendukung dan Ratusan Kendaraan, Kawal Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Gayo Lues Said Sani- Saini Ke Kantor KIP
Said Sani Hadiri Undangan Bejamu Saman di Kampung Penosan Disambut Warga dengan Antusias

Berita Terkait

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 22:22 WIB

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan Dharma Elfrishon Situmorang Sebagai Anggota DPRD Partai GELORA Kab. Karo Periode 2024-2029

Jumat, 4 Oktober 2024 - 20:46 WIB

ni 40 Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029 yang di Lantik

Jumat, 4 Oktober 2024 - 15:17 WIB

TOSS!!Tino Mimana dan Onasis Sitepu Kunjungi Pusat Pasar Dan Pajak Buah Berastagi

Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:25 WIB

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan FERI EDISONTA MILALA Menjadi Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029

Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:19 WIB

Rehulina Br Tarigan Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029 Dari Fraksi Nasdem Ucapkan Terima Kasih Kepada Masyarakat Karo Daerah Pemilihan I

Jumat, 4 Oktober 2024 - 01:53 WIB

Ketua Aman Bang : Anak Muda Pilih Yang Muda..!!!

Rabu, 2 Oktober 2024 - 23:18 WIB

Latif Purba : Jika benar mereka Pemerintah Desa Beganding Murni tidak melakukan Dugaan Korupsi dipenggunaan Dana Desa..!!!Kenapa tidak menghadiri undangan dari Penyidik .

Rabu, 2 Oktober 2024 - 08:19 WIB

Aliansi Milenial Anak BAngsa (AMAN BANG) Dukung TOSS..!! Menjadi Bupati dan Wakil Bupati Karo

Berita Terbaru