Diduga Penyimpangan Dana BOS Dan Papan Informasi Tidak Ada di SDN Kilo Meter 5

INDONESIA24

- Redaksi

Kamis, 31 Agustus 2023 - 02:55 WIB

401,289 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Subulussalam |  Dari hasil pantauan awak media, di sekolah SD kilo meter 5 teladan baru kepala sekolah, Masnila, tidak terpasang papan informasi pengumuman dana BOS, baik itu penerimaan dan juga penggunaan bos reguler papan plang tidak ada di dalam kantor tersebut, 30/08/2023.

Penggunaan biaya operasional sekolah (bos) di sekolah (SD) Kilo Meter 5 Teladan baru kecamatan runding kota Sebulussalam diduga tidak transparan dan tidak ada administrasi.Selasa, 29-08-2023.

 

Sementara itu pada saat media SuluhNusantara.News datang menemui salah satu kepala sekolah, Masnila, dan tidak menegor dan Mendeponir salah satu wartawan SuluhNusantara.News.

padahal dia seorang kepala sekola tinkah lakunya tidak seperti orang pelajar atau sekolahan.

Dan (SAKSI MATA) Salman, bahwa kepsek, Masnila, tidak menegor dan Mendeponir salah satu wartawan SuluhNusantara.News.

Dan media SuluhNusantara.News langsung masuk bersama media DetikNasonal dan adajuga awak media diruangan kantor, Masnila.

Media SuluhNusantara.news langsung masuk kentor SD kilo meter 5lima melihat ternyata tidak ada terpasang papan informasi pengumuman dana BOS, baik itu penerimaan dan juga penggunaan bos reguler papan plang tersebut,

Dari hasil pantauan wartawan Suluh Nusantara News, di SD kilo meter 5 Teladan baru ini tidak terpasang papan informasi pengumuman dana BOS 2022 sampai 2023 dan baik itu penerimaan dan juga penggunaan BOS Reguler papan plang tidak ada.

Baca Juga :  Kepala Desa Geruguh, Irwansyah, Salurkan BLT DD Tahap Dua tahun 2023

Dan lebih anehnya beberapa awak media masuk didalam ruanggan kantor, Masnina, dan tidak memperhatikan bahawa tidak ada terpasang papan informasi pengumuman dana BOS.

Setelah terpantaunya dari media SuluhNusantara.News, maka sayapun pulang dari lokasi sekolah SD kilo meter 5 Teladan baru tersebut.

Insan pers juga berkontribusi besar dalam mengontrol kerja pemerintah serta menjadi penyeimbang dalam menentukan arah kebijakan pembangunan. ujung tombak menyampaikan informasi pembangunan dunia pendidikan khususnya dikota Sebulussalam.

Seperti diketahui, dalam lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia nomor 8 tahun 2022 tentang petunjuk teknisi bantuan operasional sekolah reguler yang ditandatangani oleh menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia Nadine Anwar Makarim menyebutkan pada tata cara laporan, sekolah harus mempublikasikan semua pengaturan baik penerimaan dan penggunaan dana BOS reguler kepada masyarakat secara terbuka.

Dokumen yang harus dipublikasikan yaitu rekapitulasi dana BOS reguler berdasarkan komponen pembiayaan. Publikasi laporan dilakukan pada papan informasi sekolah atau tempat lain nya yang mudah diakses oleh masyarakat

Titik celah korupsi dana BOS itu ada tiga: yakni dari proses pencairan, proses pengelolaan data, dan proses pelaporan atau pertanggung jawaban yang berpotensi melahirkan laporan fiktif katanya Kepala Mukim Binaga Thamrin Barat mantan Lsm GMBI Subulussalam.

Baca Juga :  Peringatan Kenaikan Isa Al Masih, Polres Subulussalam Laksanakan Pengamanan Gereja

Mantan Lsm GMBI Subulussalam Thamrin Barat menyampaikan sebagai Kepala Mukim Binaga Kecamatan Runding Kota Subulussalam, Thamrin menjelaskan modus korupsi dana BOS, antara lain sekolah menyetorkan sejumlah uang kepada pengelola dana BOS di Dinas Pendidikan (Disdik) untuk mempercepat proses pencairan dana tersebut.

Kemudian dana BOS diselewengkan dalam bentuk pengadaan barang dan jasa, serta pengelolaan dana BOS yang tidak sesuai dengan petunjuk teknis, hingga sekolah tidak melibatkan Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan.

Selanjutnya, dana BOS hanya dikelola oleh Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah hingga dikelola secara tidak transparan. pihak sekolah atau Kepala Sekolah selalu berdalih dana BOS kurang, padahal sebagian digunakan untuk kepentingan pribadi.

Ada juga modus mark up atau penggelembungan dana pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Membuat laporan palsu, misalnya pembelian alat prasarana sekolah dengan kuitansi palsu atau pengadaan alat fiktif.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD kilo meter 5 (Masnila) saat di konfirmasi oleh awak Media dugaan tersebut melalui Whats Appnya dilihat, namun belum dibalas,
/Jalaludin Barat) Bersambung

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Quick Respon Personel Brimob Aceh Membantu masyarakat Memadamkan Api Yang Membakar Pertokoan Di Subulussalam
Tersahkan, Ajo Irawan Mengukir Tim Pemenangan “Bintang-Faisal” Sultan Daulat
Polres Subulussalam Gelar Dzikir dan Doa Bersama Menuju Pilkada Damai
Kapolres Subulussalam Hadiri Upacara HUT TNI yang Ke-79, Perkuat Sinergitas TNI-POLRI
Toto Ujung Vs Ramadin, ST Terkait Stadmand “ASBUN” Pada DPR RI Terpilih Muslim Aiyub
Selamat jalan Sahabat Kami: Rekan Jurnalis Jalalludin Barat Telah Berpulang Kerahmatullah
Pemko Subulussalam Bersama SKPK Tinjau Lokasi Progran Bakti Sosial TNI-AD 2024 
Jajaran Polres Subulussalam, Hadiri Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-79

Berita Terkait

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 22:22 WIB

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan Dharma Elfrishon Situmorang Sebagai Anggota DPRD Partai GELORA Kab. Karo Periode 2024-2029

Jumat, 4 Oktober 2024 - 20:46 WIB

ni 40 Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029 yang di Lantik

Jumat, 4 Oktober 2024 - 15:17 WIB

TOSS!!Tino Mimana dan Onasis Sitepu Kunjungi Pusat Pasar Dan Pajak Buah Berastagi

Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:25 WIB

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan FERI EDISONTA MILALA Menjadi Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029

Jumat, 4 Oktober 2024 - 07:19 WIB

Rehulina Br Tarigan Anggota DPRD Karo Periode 2024-2029 Dari Fraksi Nasdem Ucapkan Terima Kasih Kepada Masyarakat Karo Daerah Pemilihan I

Jumat, 4 Oktober 2024 - 01:53 WIB

Ketua Aman Bang : Anak Muda Pilih Yang Muda..!!!

Rabu, 2 Oktober 2024 - 23:18 WIB

Latif Purba : Jika benar mereka Pemerintah Desa Beganding Murni tidak melakukan Dugaan Korupsi dipenggunaan Dana Desa..!!!Kenapa tidak menghadiri undangan dari Penyidik .

Rabu, 2 Oktober 2024 - 08:19 WIB

Aliansi Milenial Anak BAngsa (AMAN BANG) Dukung TOSS..!! Menjadi Bupati dan Wakil Bupati Karo

Berita Terbaru