Dinas Kominfo Memberikan Pembekalan Tambahan Wawasan Kepada Mitra Pers Nias Barat

Emuni Daeli

- Redaksi

Selasa, 29 Agustus 2023 - 23:22 WIB

40146 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Nias Barat, Ada pemandangan berbeda di Aula Aekhula Kantor Bupati Nias Barat, Selasa (29/8/2023). Ruangan yang biasa digunakan untuk kegiatan coffee morning Bupati dan para jajarannya, dipenuhi oleh wajah-wajah berbeda dari biasanya, namun tidak asing bagi pemerintahan Kabupaten Nias Barat. Ya, ruangan tersebut digunakan untuk pembekalan kepada wartawan dari berbagai media di Nias Barat guna meningkatkan kemanpuan dan pemahamannya terkait tugas sebagai wartawan.

“Hubungan media pers dengan Pemkab selama ini berjalan harmonis. Tapi kemampuan teman-teman wartawan lokal ini dalam menyampaikan informasi ke publik masih harus terus ditingkatkan. Harapan kami, melalui pembekalan yang disampaikan berbagai pihak yang kompeten bisa menambah wawasan, karena insan pers ini juga sangat berperan untuk membangun kepercayaan publik, mendukung pemerintah melaksanakan tugas dengan baik dan amanah,” ungkap Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu dalam kesempatan tersebut.

Senada dengan Bupati, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sonifati Zebua mengatakan, salah satu kendala terberat untuk menyampaikan informasi ke publik lantaran kurangnya kreatifitas dalam menulis berita dengan baik. Sehingga, baik rekan wartawan atau pun sumber daya manusia di Dinas Kominfo membutuhkan pembekalan, agar bisa menulis dengan baik, menyampaikan pesan ke publik dan mudah dicerna masyarakat luas.

Baca Juga :  Penerintah Kabupaten Nias Barat Memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 Kabupaten Nias Barat Tahun 2023

“Bukan hanya kemampuan wartawan lokal yang butuh ditingkatkan. Tapi kami dari Dinas pun perlu membekali diri, agar kami juga bisa mengedukasi masyarakat lewat informasi yang kami sampaikan,” kata Soni.

Lebih lanjut Soni menjabarkan, selain kendala kualitas SDM, infrastruktur di Dinas Kominfo yang dipimpinnya memang sangat minim. Sehingga kurang berkembang kreatifitas lantaran alat yang tidak menunjang.

“Bukan cuma alat kamera saja yang seadanya, ruangan untuk podcast, ruangan kantor pun kami prihatin. Kami hanya memiliki modal semangat, meski seminim mungkin tapi ada Dinas Kominfo dari daerah lain yang datang belajar ke tempat kami. Lewat pembekalan kapasitas ini, kami juga ingin mendapatkan kesempatan agar paham bagaimana menulis yang baik dan benar,” ungkap Soni.

Sementara itu, dari 30 orang insan wartawan yang hadir, semua mengakui belum memahami bagaimana menulis yang benar sesuai kaidah jurnalistik. Seperti apa berita yang beribang, bagaimana berita yang objektif, seperti apa itu indenpensi wartawan. Bahkan pertanyaan yang diajukan masih layaknya pewarta yang baru dua bulan mengenal dunia pers. Akan tetapi dalam mengikuti pembekalan yang disampaikan pemateri Nelly Waruwu, semua wartawan yang hadir sangat bersemangat.

Baca Juga : 

“Sunggu banyak yang tidak kami pahami, dan baru setelah dapat penjelasan hari ini kami tahu. Kami mau diberikan pelatihan dan pendalaman materi, agar kami bisa menjadi wartawan yang sesungguhnya,” aku Utema Gulo, dari media deteksi.co.

Hal yang sama disampaikan Agusrama Laia dari media mimbarbangsa.co.id,  menyampaikan hal-hal mendasar terkait pekerjaan kinerja wartawan belum bisa dipahami dengan baik. Sehingga yang lajim terjadi adalah, rilis dari pemerintah kabupaten masuk ke redaksi, itu saja yang menjadi bahan untuk dipublikasikan tanpa ada mengedepankan croscek apalagi triplecek.

“Kami di Nias Barat ini baru dua orang yang mendapatkan kesempatan untuk ikut uji kompetensi wartawan. Itu pun saya bisa masuk karena ada yang batal gabung waktu itu. Jadi saya pikir agar kami bisa menyampaikan informasi yang baik dan benar, butuh informasi mendasar, tupoksi dan pola kerja wartawan yang sesungguhnya,” pungkas Agus yang baru Februari lalu mendapatkan sertifikasi kompeten level muda di Medan.

emd

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Lamhot Sinaga, Oknum Calon Legislatif Diduga Gunakan Fasilitas Negara untuk Kampanye
Sekretaris Daerah Membuka Secara Resmi Pelaksanaan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Nias Barat Tahun 2025
DPC PJI-D Kabupaten Nias Barat Melaksanakan Pertemuan Serta Menyusun Program Kerja dan Sekaligus Syukuran Tahun Baru 2024
Wakil Direktur PT. Garuda Indonesia, Eksitarino Irianto Melaksanakan KUNKER Di Kabupaten Nias Barat
Dapati Rumah Warganya Tidak Layak Huni, Bupati Khenoki Waruwu Janji Dibangun Tahun Depan
Jembatan Sungai Oyo Tak Kunjung Dikerjakan, Bupati Nias Barat Tagih Janji Rekanan
DPC Gerindra Nias Barat, Usulkan Gibran Sebagai Cawapres Prabowo di Pilpres 2024
Festival Musik Tradisional Nias Barat, Sukses dan Meriah

Berita Terkait

Minggu, 7 Juli 2024 - 09:54 WIB

Rico Sempurna Pasaribu : “Tolong Lindungi Saya Bang

Sabtu, 6 Juli 2024 - 23:20 WIB

Sekda Kabupaten Karo : Tetap Semangat Karang Taruna Berastagi

Sabtu, 6 Juli 2024 - 07:48 WIB

Penggiat Sosial Apresiasi Karang Taruna Kecamatan Berastagi

Sabtu, 6 Juli 2024 - 02:18 WIB

Rekan Rekan Jurnalis Cicipi Cimpa Unung Unung Milik Karang Taruna Berastagi

Jumat, 5 Juli 2024 - 18:44 WIB

Kebakaran di Jalan Sakti Gang Damai Kabanjahe

Jumat, 5 Juli 2024 - 17:52 WIB

Berkunjung ke Karo Abetnego Tarigan Pimpin Intervensi Serentak Penurunan Stunting

Jumat, 5 Juli 2024 - 12:00 WIB

FBB Hari Kedua..!!! Sekretaris Koswari Kabupaten Karo Kunjungi Posko Karang Taruna Berastagi

Jumat, 5 Juli 2024 - 07:09 WIB

FBB di Berastagi…!!! Anggota DPRD Karo Singgah di Posko Karang Taruna Berastagi

Berita Terbaru

BATU BARA

Pelaksanaan Patroli Dialogis malam dilakukan Polsek Lima Puluh

Minggu, 7 Jul 2024 - 21:12 WIB

BISNIS

20 Penyebab Genset Rusak yang Harus Anda Ketahui

Minggu, 7 Jul 2024 - 17:04 WIB