KEJAR MIMPI LHOKSEUMAWE BY CIMB NIAGA Mengadakan Pengabdian BATANDANG TO PULAU BANYAK

INDONESIA24

- Redaksi

Minggu, 27 Agustus 2023 - 13:30 WIB

4072 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto bersama murid SDN 1 Pulau Baguk

ACEH SINGKIL | Kejar Mimpi Lhokseumawe menggelar kegiatan volunteer di Pulau Banyak, tanggal 13 sampai 19 Agustus 2023. Pulau Banyak sendiri merupakan sebuah gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh dengan luas wilayah secara keseluruhan 27,196 Ha. Kegiatan volunteer tersebut diadakan di tiga sekolah yang ada di Pulau Banyak, seperti SD, SMP, hingga SMA.

Kegiatan ini mengusung implementasi poin ke-2 dan ke-8 dari SDGs, harapannya Kejar Mimpi Lhokseumawe mampu meningkatkan daya ekowisata demi meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan, bertumbuhnya ekonomi baru, dan menurunnya angka kelaparan.

Program pengabdian ini mengusung tema “Sustainable Ecotourism For Pursuit of a Sustainable Dream” yang mendeklarasikan 2 tujuan utama SDGs yaitu “Zero Hunger” & “Decent Work & Economic Growth”.

Pada hari pertama, para peserta kegiatan volunteer Kejar Mimpi Lhokseumawe mengadakan sosialiasi kepada puluhan anak-anak di SDN 1 Pulau Baguk yang terdiri dari kelas empat hingga kelas enam. Sosialiasi tersebut mengusung tema “Pencegahan Pelecehan Seksual Terhadap Anak-anak”.

“Adek-adek semua, ada tiga anggota tubuh kita yang tidak boleh sembarangan disentuh oleh orang lain selain orang tua dan dokter apabila kita sedang sakit. Tiga anggota tubuh tersebut adalah mulut, bagian dada, dan kemaluan kita. Kita harus waspada dan hati-hati apabila ada orang asing yang ingin menyentuh bagian tersebut.” Ujar Lanma sebagai pemateri pada hari itu.

Baca Juga :  Pernyataan Razaliardi Manik Menuai Protes dan Menciderai Haty dan Demokrasi Masyarakat, dalam Pembentukan P2K di Desa Penjahitan Jelas Cacat administrasi dan Hukum

Selain sosialisasi pencegahan pelecehan seksual terhadap anak-anak, kegiatan yang tak kalah seru adalah bagian “Tuliskan Cita-citamu” dimana para murid SDN 1 Pulau Baguk yang mengikuti kegiatan tersebut diminta untuk menuliskan apa cita-citanya setelah dewasa nanti. Kegiatan hari pertama volunteer berlangsung sukses dengan antuasias para murid yang luar biasa.

Hari kedua berlangsung di SMPN 1 Pulau Banyak. Tak berbeda dengan kegiatan di SDN 1 Pulau Baguk, kegiatan sosialisasi juga diadakan dengan tema yang berbeda sesuai tingkatan dan permasalahan yang tengah dihadapi oleh para remaja. Tema sosialisasi di hari kedua adalah “Stop Bullying” yang dibawakan oleh Hidayat.

Dalam sosialisasi tersebut, Hidayat memaparkan beberapa alasan untuk tidak melakukan bullying. Salah satunya adalah memberikan dampak yang sangat buruk bagi korban bullying yang seketika akan merasa enggan bersosialisasi dengan lingkungannya dan menjadi pribadi yang tertutup. Selain itu juga, bullying dapat menyebabkan gangguan masalah mental hingga kepada depresi.

Baca Juga :  Drs.Muhammad Yakub KS Ikut Menanggapi Kasus Panji Gumilang:Jaga Keluarga Kita Dari Pengikisan Aqidah Islam

Sedangkan sosialisasi kedua dibawakan oleh Renol yang merupakan leader dari Kejar Mimpi Lhokseumawe sendiri. Dalam kesempatan tersebut, Renol memberikan beberapa arahan tentang pentingnya mimpi dan mewujudkan cita-cita kita. Salah satunya adalah dengan tidak menyerah pada kekurangan finansial yang sering menjadi penghambat utama dalam meraih cita-cita. Menurut Renol, finansial sudah bukan menjadi salah satu alasan kita untuk tidak mengejar mimpi apalagi sekarang beasiswa sudah banyak dan mudah didapatkan meski bukan termasuk siswa berprestasi.

Hari terakhir sosialisasi diadakan di SMAN 1 Pulau Banyak yang dibawakan oleh tiga pemateri dengan tema yang berbeda-beda. Tema pertama “Waspada HIV/AIDS: Spread Awareness Not Ignorance” yang dibawakan oleh Yanis, tema kedua yang berjudul “Love Your Self” dibawakan oleh Tri Indriani dan tema terakhir oleh Aldi “Career Preparation”.

Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung lancar dengan semangat dan antusias para pesertanya. Setelah kegiatan sosialisasi berakhir, para peserta volunteer mengeksplor keindahan Pulau Banyak yang banyak menyimpan keindahan-keindahan dan pesona dunia Aceh. (Lh).

Facebook Comments Box

Berita Terkait

PUSDA: Apresiasi Kinerja PJ Bupati Aceh Singkil dalam Meningkatkan Kemakmuran Masyarakat
Siaga 24 Jam Polsek Gunung Meriah Lakukan Pengamanan Untuk Hal Ini
Sejumlah Peserta Ujian PPPK Mendatangi Kantor BKPSDM Aceh Singkil
Diduga Dinas DPMPTSP Aceh Singkil, Buang Anggaran Untuk Bimtek Mubajirin
Diduga Gerogoti DD, Undangan Bimtek Kembali Beredar di Kalangan Keuchik di Singkil
Aktivis Anti Korupsi Bidik Nasional Aceh Singkil Angkat Bicara: Irwansyah Sambo, SH Asli Putra Situban
Badan Advokasi Indonesia Perwakilan Aceh Singkil Desak Polres Aceh Singkil Segera Lidik Terkait Dugaan Identitas Ganda Calon Kades
Pernyataan Razaliardi Manik Menuai Protes dan Menciderai Haty dan Demokrasi Masyarakat, dalam Pembentukan P2K di Desa Penjahitan Jelas Cacat administrasi dan Hukum

Berita Terkait

Minggu, 7 Juli 2024 - 09:54 WIB

Rico Sempurna Pasaribu : “Tolong Lindungi Saya Bang

Sabtu, 6 Juli 2024 - 23:20 WIB

Sekda Kabupaten Karo : Tetap Semangat Karang Taruna Berastagi

Sabtu, 6 Juli 2024 - 07:48 WIB

Penggiat Sosial Apresiasi Karang Taruna Kecamatan Berastagi

Sabtu, 6 Juli 2024 - 02:18 WIB

Rekan Rekan Jurnalis Cicipi Cimpa Unung Unung Milik Karang Taruna Berastagi

Jumat, 5 Juli 2024 - 18:44 WIB

Kebakaran di Jalan Sakti Gang Damai Kabanjahe

Jumat, 5 Juli 2024 - 17:52 WIB

Berkunjung ke Karo Abetnego Tarigan Pimpin Intervensi Serentak Penurunan Stunting

Jumat, 5 Juli 2024 - 12:00 WIB

FBB Hari Kedua..!!! Sekretaris Koswari Kabupaten Karo Kunjungi Posko Karang Taruna Berastagi

Jumat, 5 Juli 2024 - 07:09 WIB

FBB di Berastagi…!!! Anggota DPRD Karo Singgah di Posko Karang Taruna Berastagi

Berita Terbaru

BATU BARA

Pelaksanaan Patroli Dialogis malam dilakukan Polsek Lima Puluh

Minggu, 7 Jul 2024 - 21:12 WIB

BISNIS

20 Penyebab Genset Rusak yang Harus Anda Ketahui

Minggu, 7 Jul 2024 - 17:04 WIB